Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/8487
Title: PELAKSANAAN ADMINISTRASI JASA TRANSFER PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT AMBULU CABANG JEMBER
Authors: EDO ARY NURWINDIKO
Keywords: ADMINISTRASI JASA TRANSFER PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA
Issue Date: 12-Dec-2013
Series/Report no.: 090803102008;
Abstract: 1. Pelaksanaan Setoran Transfer Keluar Secara Tunai (Antar Cabang). Kegiatan pelaksanaan setoran transfer keluar secara tunai pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang Jember menggunakan formulir aplikasi transfer/ slip transfer (OPS-02/2002) berwana biru rangkap dua. Dimana nasabah harus mengisi formulir aplikasi transfer secara lengkap dan sesuai tujuan penerima, kemudian menyerahkan formulir aplikasi transfer beserta jumlah uang yang akan ditransfer ke teller untuk diperiksa kelengkapan, divalidasi ,dan ditandatangani sebagai Checker/Signer. Dengan demikian secara otomatis teller telah mentransfer uang ke bank yang dituju. Teller mendistribusikan formulir aplikasi transfer, lembar 1 disimpan untuk pihak bank sebagai lembar kerja Teller dan lembar 2 untuk nasabah sebagai bukti setoran. 2. Pelaksanaan Setoran Transfer Keluar Secara Pemindahbukuan (Non Tunai). Kegiatan pelaksanaan setoran transfer keluar secara pemindahbukuan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang Jember menggunakan formulir aplikasi transfer/ slip transfer (TOM 2010) berwana merah rangkap satu. Dimana nasabah harus mengisi formulir aplikasi transfer secara lengkap dan sesuai tujuan penerima, serta memberi centang pada jenis transfer pemindahbukuan, kemudian menyerahkan formulir aplikasi transfer beserta buku tabungan ke teller untuk diperiksa kelengkapan, divalidasi, dan ditandatangani sebagai Checker. K.a unit juga menandatangani formulir aplikasi transfer sebagai Signer. Dengan demikian secara otomatis teller telah mentransfer uang dari buku tabungan nasabah ke bank yang dituju. Teller menyimpan formulir aplikasi transfer untuk bukti transaksi perbankan, dan mengembalikan buku tabungan yang sudah di print kepada nasabah. 3. Pelaksanaan Setoran Transfer Keluar Antar Bank (Kliring). Kegiatan pelaksanaan setoran transfer keluar antar bank (Kliring) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang Jember menggunakan formulir aplikasi transfer/ slip transfer (OPS-03/2002) berwana hijau rangkap tiga. Dimana nasabah harus mengisi formulir aplikasi transfer secara lengkap dan sesuai tujuan penerima, kemudian menyerahkan formulir aplikasi transfer beserta jumlah uang yang akan ditransfer ke teller untuk diperiksa kelengkapan, divalidasi ,dan ditandatangani sebagai Checker. Customer service menandatangani sebagai Marker, K.a unit juga menandatangani formulir aplikasi transfer sebagai Signer. Dengan demikian secara otomatis teller telah mentransfer uang ke bank yang dituju. Teller mendistribusikan formulir aplikasi transfer, lembar 1 dan 3 disimpan untuk pihak bank sebagai arsip dan lembar kerja Teller dan lembar 2 untuk nasabah sebagai bukti setoran. 4. Kegiatan Pelaksanaan Penerimaan Setoran Transfer Masuk Kegiatan pelaksanaan setoran transfer masuk pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang jember merupakan proses penerimaan perintah bayar dari hasil pengiriman uang di Kanca/ Kancapem/ BRI unit. Dimana K.a Unit menerima aplikasi transfer masuk dari Kantor Cabang untuk diperiksa kelengkapan kemudian menyerahkan ke Customer Service. Customer Service mencetak surat pemberitahuan sesuai aplikasi transfer masuk. K.a Unit mencocokkan aplikasi transfer masuk dengan surat pemberitahuan dan menandatangani sebagai Checker/ Signer. Teller menerima surat pemberitahuan dari K.a unit untuk diberi nomor surat dan memasukkannya kedalam amplop kemudian mencatatnya pada buku ekspedisi. Teller mengutus petugas kurir untuk mengantarkan surat pemberitahuan transfer masuk kepada nasabah. Untuk mengurus penyelesaian transfer masuk, nasabah harus datang ke bank yang telah mengirim surat pemberitahuan aplikasi transfer masuk tersebut dan menyelesaikan administrasinya. 5. Kegiatan Pelaksanaan Setoran Transfer Status Retour Kegiatan pelaksanaan setoran transfer status retour pada PT. Bank Rakya Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ambulu Cabang jember merupakan transferkirim yang dikembalikan oleh Kanca/ Kancapem/ BRI unit penerimapencetak ke Kanca/Kancapem/BRI unit pengirim karena alat tidak dikenali penerima sudah meninggal atau data tidak sesuai dan lain sebagainyaDimana K.a Unit menerima pemberitahuan transfer kirim yang statusnya retour dari Kantor Cabang untuk diperiksa kelengkapan kemudianmenyerahkan arsipnya ke Customer Service. Customer Service mencocokkandengan arsip pemberitahuan transfer masuk dan menandatanganinya sebaga Marker. K.a unit memeriksa kebenaran dan mengesahkan sura pemberitahuan aplikasi transfer masuk retour. Teller memvalidasi danmenandatangani surat pemberitahuan sebagai Checker/ Signer kemudian mendistribusikan surat pemberitahuan transfer retour, lembar 3 untuk arsipbank dan lembar 1 dan 2 diserahkan kepada Customer Service untuk dikirim kembali ke Kantor Cabang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8487
Appears in Collections:DP-Financial Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EDO ARY NURWINDIKO - 090803102008_1.pdf6.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.