Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84868
Title: PENGEMBANGAN MODUL FISIKA DILENGKAPI KEJADIAN NYATA PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS IPA SMP
Authors: SUPRIADI, Bambang
MARYANI
IZZAH, Lailatul
Keywords: MODUL FISIKA
KONSEP LISTRIK DINAMIS
Issue Date: 26-Mar-2018
Series/Report no.: 120210102070;
Abstract: IPA merupakan ilmu yang mempalajari tentang gejala yang ada di alam semesta melalui proses ilmiah yang berdasarkan sikap ilmiah, serta menghasilkan produl ilmiah yang tersusun atas konsep, prinsip dan teori yang dapat digunakan secara umum. Materi IPA yang mempelajari tentang objek dan fenomena alam merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari keterampilan berpikir. Materi yang di ambil peneliti adalah materi listrik dinamis yang merupakan materi abstrak. Konsep fisika yang bersifat abstrak sulit untuk divisualisasikan sehingga membuat siswa kesulitan dalam menelaah konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak. Hal inilah yang membuat siswa beranggapan fisika sulit dan membosankan, kecuali jika dikaitan dengan pengalaman sehari-hari (Faturahman,2014:74). Hal ini disebabkan karena mempelajari objek dan fenomena alam dapat dipahami melalui proses berpikir kritis. Berpikir kritis semakin luas dipandang sebagai sesuatu yang perlu dikembangkan. Berpikir kritis sering dibahas khusus dalam suatu kuliah umum karena dapat membantu menghasilkan argumen yang tajam. Selain itu, berpikir kritis juga tengah dikampanyekan pemerintah. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki peserta didik dalam pembelajaran fisika. Nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran fisika dapat dijadikan sebagai cermin kehidupan yang lebih baik dan inspiratif di masa yang akan datang. Salah satu usaha guru untuk mengatasi permasalahan siswa, adalah menggunakan modul. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri. Modul dilengkapi kejadian nyata adalah Modul yang berisi tentang gambaran kejadian yang nyata terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Modul yang dilengkapi kejadian nyata dinilai tepat untuk menggambarkan secara langsung beberapa fenomena IPA. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan inovasi bahan ajar sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran IPA. Pengembangan modul dapat menjawab atau memecahkan masalah ataupun kesulitan dalam belajar (Depdiknas, 2008). Seringkali siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA. Modul juga dapat membantu siswa dalam menggambarkan sesuatu yang sulit dipahami siswa, misalnya dengan menggunakan gambar, foto, bagan, skema, peta konsep (concept mapping) dan yang lainnya. Demikian pula materi yang rumit, dapat dijelaskan dengan cara yang sederhana, sesuai dengan tingkat berfikir siswa, sehingga lebih mudah dipahami. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas modul, mendeskripsikan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa modul dilengkapi kejadian nyata pada konsep listrik dinamis IPA SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar hasil validasi logic, lembar pre-test dan lembar posttest siswa. Responden dalam uji pengembangan ini adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri A yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil validasi untuk validitas logis modul diperoleh sebesar 3,89 dengan kategori cukup valid. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai gain ternormalisasi sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Selanjutnya, hasil belajar siswa memperoleh nilai gain ternomalisasi sebesar 0,54 dengan kategori sedang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84868
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lailatul Izzah - 120210102070_.pdf5.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools