Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84848
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | IRVAN, Muhtadi | - |
dc.contributor.advisor | MARDIATI, Yayuk | - |
dc.contributor.author | KARUNIANINGATI, Guruh Harta | - |
dc.date.accessioned | 2018-03-23T01:48:45Z | - |
dc.date.available | 2018-03-23T01:48:45Z | - |
dc.date.issued | 2018-03-23 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210204097 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84848 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IB yang berjumlah 26 orang dan terdiri dari 11siswalaki-lakidan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran examples non examples berbantuan media boneka tangan berjalan dengan lancar. Siswa menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siswa afektif, kognitif, dan psikomotor pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ranah afektif siswa prasiklus sebesar 68,7 dengan kategori cukup, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,7 dengan kategori baik, pada siklus II juga meningkat tetapi belum signifikan menjadi 79,3 dengan kategori baik sama seperti siklus I. Hasil belajar siswa dalam prasiklus sebesar 67 dengan kategori cukup, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 71,9 dengan kategori baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 80 dengan kategori sangat baik. Ranah psikomotor siswa pada prasiklus sebesar 69,4 dengan kategori cukup, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 76,3 dengan kategori baik, pada siklus II juga meningkat tetapi belum signifikan menjadi 80,6 dengan kategori baik sama seperti siklus I. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran examples non examples berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar tema peristiwa alam pada siswa kelas IB SDN Mumbulsari 01 Jember. Media yang dapat digunakan dalam model examples non examples pada penelitian ini tidak hanya gambar, namun bisa dipadukan dengan media lain seperti boneka tangan ataupun media tiga dimensi lainnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210204097; | - |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES | en_US |
dc.subject | MEDIA BONEKA TANGAN | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS IB SDN MUMBULSARI 01 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Guruh Harta Karunianingati - 130210204097_.pdf | 4.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools