Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84824
Title: KESALAHAN BERBAHASA TULIS TATARAN EJAAN DALAM KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X TKJ SMKN 2 JEMBER
Authors: MUJI
WIDJAJANTI, Anita
LESMANASARI, Diah
Keywords: TATARAN EJAAN
KARANGAN EKSPOSISI
Issue Date: 22-Mar-2018
Series/Report no.: 130210402032;
Abstract: Eksposisi adalah tulisan yang bertujuan untuk menjelaskan atau memberikan informasi tentang sesuatu. Melalui tulisan eksposisi, siswa dapat menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian atau pristiwa sehingga menambah pengetahuan pembaca. Penelitian ini menarik karena dalam karangan siswa terdapat banyak terjadi kesalahan dalam tataran ejaan. Hal tersebut dapat dijadikan acuan pada guru saat mengajarkan materi menulis karangan agar siswa dapat mengingat dan memahami bagaimana pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan penulisan unsur serapan secara tepat. Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah bentuk kesalahan berbahasa tataran ejaan dalam karangan eksposisi siswa kelas X TKJ SMKN 2 Jember? (2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa tataran ejaan dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas X TKJ SMKN 2 Jember? Manfaat penelitian ini yaitu, (1) Bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pengembangan materi pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya ejaan, (2) Bagi mahasiswa FKIP, khususnya mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam kegiatan analisis kesalahan berbahasa, dan (3) Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmunya, diharapkan dapat melengkapi penelitian ini dengan melakukan kajian yang lebih dalam pada objek yang lain. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian berupa instrumen pengumpulan data dan instrumen analisis data. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil dan pembahasan penelitian yaitu (1) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis karangan eksposisi adalah kesalahan tataran ejaan meliputi kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan penulisan unsur serapan, (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa Indonesia pada karangan eksposisi yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai ejaan, guru tidak menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran, dan penggunaan ragam bahasa gaul yang salah tempat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84824
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Diah Lesmanasari - 130210402032_.pdf2.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools