Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84818
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUDARTI-
dc.contributor.advisorPRASTOWO, Sri Handono Budi-
dc.contributor.authorDEVIANTI, Debi-
dc.date.accessioned2018-03-22T03:24:45Z-
dc.date.available2018-03-22T03:24:45Z-
dc.date.issued2018-03-22-
dc.identifier.nimNIM130210102018-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84818-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan judul “bahan ajar gelombang cahaya berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) di SMA. Penelitian ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan mengembangkan bahan ajar yang digabung dengan permainan edukatif berupa teka-teki silang (TTS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang layak digunakan, mendeskripsikan validitas bahan ajar berdasarkan hasil validasi, kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dan keefektifan berdasarkan hasil belajar kognitif siswa. Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah melalui tahap revisi terdiri dari 10 langkah. Bahan ajar ini dikembangkan dengan desain tampilan yang berisi fitur yaitu petunjuk penggunaan, materi pembelajaran, kegiatan praktikum dan Teka-teki silang (TTS). Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dan kualitatif hasil validasi ahli menunjukkan nilai sebesar 79,4 % dan validasi pengguna 88,8 % sehingga dapat dinyatakan valid. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan penggunaan bahan ajar dengan 3 kali pertemuan dan dihasilkan peningkatan presentase 93,75%, 97,93%, serta 100%. Kefektifan ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa dengan nilai NGain adalah 0,71. Rata-rata nilai pretest sebesar 30,52 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80,09. Untuk mengetahui signifikan dari bahan ajar maka digunakan uji paired samples T-Test dengan melalui prasarat uji normalitas. Hasil Signifikan dapat diketahui dari nilai mean atau selisih rata-rata pretest dan posttest adalah - 49,576 tanda negatif berarti bahwa nilai pretest < posttest. Setelah diketahui bahwa pretest dan posttest memiliki perbedaan yang signifikan dan nilai pretest lebih kecil dari posttest. Sehingga ada perbedaan dan peningkatan yang disebabkan adanya bahan ajar. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa bahan ajar gelombang cahaya berbasis permainan edukatif teka-teki silang (TTS) di SMAN Rambipuji valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102018;-
dc.subjectBAHAN AJAR GELOMBANG CAHAYAen_US
dc.subjectEDUKATIF TEKA-TEKI SILANG (TTS)en_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG CAHAYA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF TEKA-TEKI SILANG (TTS) DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Debi Devianti - 130210102018_.pdf7.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools