Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84788
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IIIB SDN PATRANG 01 JEMBER |
Authors: | NURIMAN AGUSTININGSIH ROZI, Achmad Fatkur |
Keywords: | EXAMPLES NON EXAMPLES PELAJARAN IPA |
Issue Date: | 21-Mar-2018 |
Series/Report no.: | 130210204065; |
Abstract: | Tindakan pembelajaran diawali dengan menyiapkan gambar yang digunakan dalam pembelajaran. Pembelajaran diawali dengan menyajikan gambar, sehingga siswa dapat mengamati perbedaan yang ada pada media yang disajikan. Kegiatan mengamati gambar dilanjutkan dengan mengerjakan LKK secara berkelompok serta mempresentasikan pendapat masing-masing kelompok. Guru akan memberikan penguatan pada jawaban dan mulai menjelasan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada pokok bahasan cara memelihara dan melestarikan alam mengalami peningkatan. Secara klasikal persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,72 dari 60.78 (cukup aktif) pada siklus I menjadi 74,5 (aktif) pada siklus II. Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,39 dari 72,11 (baik) pada siklus I menjadi 80,5 (sangat baik) pada silus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IIIB pokok bahasan cara memelihara dan melestarikan alam. Saran bagi guru, sebaiknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat digunakan sebagai pendekatan alternatif, khususnya dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat diinformasikan kepada guru-guru untuk dijadikan model pembelajaran alternatif pada pemebelajaran IPA guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengadakan penelitian sejenis dengan permasalahan yang lain. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84788 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Achmad Fatkur Rozi - 130210204065_.pdf | 3.05 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools