Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84283
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorANDRIANTO, Anang-
dc.contributor.advisorNURDIANSYAH, Yanuar-
dc.contributor.authorSANTOSO, Gede Bagoes-
dc.date.accessioned2018-02-13T01:43:35Z-
dc.date.available2018-02-13T01:43:35Z-
dc.date.issued2018-02-13-
dc.identifier.nimNIM122410101010-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84283-
dc.description.abstractPenentuan Jurusan meruapakan salah satu upaya agar siswa dapat fokus dalam mempelajari dan mendalami bakat mereka masing – masing pada bidang akademik. Sistem Rekomendasi Penentuan Jurusan dengan pengimplementasian K-Neraest Neighbor ini nantinya akan membantu dalam proses Jurusan tersebut, sehingga dapat mempermudah dalam proses Jurusan. Ada beberapa kriteria yang dipakai dalam penelitian dan pembangunan sistem ini. Proses K-Nearest Neighbor dimulai dari penentuan kriteria, penentuan nilai K, normalisasi data uji dan data training, perhitungan euclidean distance, sorting dan penarikan kesimpulan. K-Nearest Neighbor bekerja dengan mencari jarak terpendek sampai terjauh antara data uji dengan data training. Metode ini mengambil data teratas sesuai K yang telah diinputkan dan menarik kesimpulan hasil perhitumngan dilihat dari jumlah data yang sama yg telah diambil sesuai dengan K. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat lunak untuk perancangan dan pembangunan dari sistem ini menggunakan model waterfall. Terdapat 5 tahapan penelitian yaitu : analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, pengujian sistem, dan pemeliharaan sistem. Analisis kebutuhan merupakan tahap untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam membangun sebuah perangkat lunak. Analisis kebutuhan tediri dari studi pustaka, wawancara, dan gambaran umum sistem. Desain sistem menggunakan model Unified Modeling Language (UML) yang dirancang menggunakan konsep Object Oriented Programming (OOP). Implementasi sistem menggunakan Bahasa pemrograman Page Hyper Text Pre-Processor (PHP) dan manajemen basis data MySQL sistem dilakukan dengan menggunakan 2 cara yaitu White Box dan Black Box Testing. Pemeliharaan sistem ini dilakukan dengan melakukan perbaikan pada error yang terdapat dalam perangkat lunak. Sistem ini dibangun berbasis website.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries122410101010;-
dc.subjectK-NEAREST NEIGHBORen_US
dc.subjectSISTEM REKOMENDASI PENENTUAN JURUSANen_US
dc.subjectSISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)en_US
dc.titleIMPLEMENTASI K-NEAREST NEIGHBOR PADA SISTEM REKOMENDASI PENENTUAN JURUSAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Gede Bagoes Santoso - 122410101010_.pdf2.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools