Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84245
Title: PROSEDUR PELAYANAN UNTUK PENGUNJUNG KHAZANAH PENGETAHUAN FAUNA PADA MUSEUM SATWA DI JAWA TIMUR PARK 2 KOTA BATU
Authors: HANDINI, Yuslinda Dwi
SUDARMUN, Muhammad Romiz
Keywords: PELAYANAN
PENGUNJUNG KHAZANAH
PENGETAHUAN FAUNA
MUSEUM SATWA DI JAWA TIMUR PARK 2 KOTA BATU
Issue Date: 9-Feb-2018
Series/Report no.: 140903102049;
Abstract: Kegiatan praktek kerja nyata dilaksanakan di Jawa Timur Park 2 Kota Batu selama 4 bulan. Jawa Timur Park 2 memiliki dua produk yakni Museum Satwa dan Batu Secret Zoo yang terletak di Jl. Raya Oro-oro Ombo No. 9, Temas, Kecamatan Batu, Kabupaten Batu, Jawa Timur. Museum Satwa berisi 79 diorama yang berisi satwa-satwa yang diawetkan. Selain satwa yang diawetkan, Museum Satwa juga memiliki koleksi fosil-fosil binatang baik yang masih ada maupun yang telah punah. Dengan luas bangunan sebesar 0,6 km, Museum satwa dibagi beberapa wilayah diantaranya wilayah Entrance, Dome, Insectarium, Galeri Fosil, Khazanah Pengetahuan Fauna, Winter, Warung Desa, dan Exit. Khazanah Pengetahuan Fauna Merupakan ruangan di dalam Museum Satwa, berfungsi sebagai tempat pembelajaran atau edukasi terhadap pengunjung, dan ada perpustakaan kecil dengan koleksi buku tentang fauna didalamnya. Tujuan penyusunan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana teknik pelayanan untuk pengunjung Khazanah Pengetahuan Fauna Pada Museum Satwa di Jawa Timur Park 2 Kota Batu.. Terdapat dua jenis pelayanan pembelajaran terhadap pengunjung, yang pertama adalah untuk pengunjung umum atau personal yaitu dengan pemutaran film edukasi bernama Show Gajah di waktu-waktu tertentu yang dapat diikuti oleh semua pengunjung, yang kedua adalah untuk pengunjung rombongan dari instansi sekolah, pelayanan terhadap pengunjung rombongan dari Instansi sekolah atau tempat belajar ini dapat didapatkan dengan melakukan reservasi terlebih dahulu pada marketing sebelum berkunjung di museum satwa sehingga petugas dapat mengatur jadwal dan menyiapkan materi untuk diberikan kepada pengunjung. Pelayanan untuk pengunjung umum atau personal di ruang Khazanah Pengetahuan Fauna yang dapat diikuti oleh semua pengunjung, dengan pemutaran video edukasi tentang gajah bernama show gajah yang sesuai dengan ikon museum satwa yaitu gajah Pelayanan untuk pengunjung rombongan dimana sebelum memasuki ruangan Khazanah Pengetahuan Fauna, rombongan akan dipandu mengelilingi museum untuk melihat dan belajar berbagai satwa yang ada. Setelah mengelilingi museum, rombongan akan diajak masuk di ruangan Khazanah Pengetahuan Fauna dan petugas akan memberikan pembelajaran tentang fauna yang materinya telah disesuaikan dengan kurikulum atau usia dari rombongan yang berkunjung.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84245
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Romiz Sudarmun - 140903102049_.pdf1.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools