Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84192
Title: PEMBELAJARAN MOMENTUM DAN IMPULS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL DAN KARTU PINTAR DI SMA NEGERI 4 JEMBER
Authors: PRIHANDONO, Trapsilo
MARYANI
HANDAYANI, Ninik
Keywords: MOMENTUM
IMPULS
PROBLEM BASED LEARNING
MEDIA KARTU SOAL DAN KARTU PINTAR DI SMA NEGERI 4 JEMBER
Issue Date: 8-Feb-2018
Series/Report no.: 130210102102;
Abstract: Fisika merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah yang harus diberikan kepada siswa yakni untuk tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Fisika menjadi mata pelajaran yang tidak hanya berisi rumus dan teori saja untuk dihafal akan tetapi juga membutuhkan pemahaman konsep yang tinggi oleh peserta didik. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran dan juga bantuan media pembelajaran untuk mendukung keterlaksanaan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Kartu soal dan kartu pintar terhadap Aspek Kognitif Pada Pembelajaran Momentum dan Impuls di SMA Negeri 4 Jember, (2) Mendiskripsikan Aktivitas Belajar fisika Siswa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Kartu soal dan kartu pintar. Jenis Penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan jenis penelitian Pra Eksperimen yakni dengan cara memberikan perlakuan mengenai model Problem Based Learning pada pokok bahasan momentum dan Impuls pada kelas Eksperimen disertai pemberian soal pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa sebagai dampak dari perlakuan yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dan untuk penentuan sampelnya yaitu berdasarkan rekomendasi dari guru. Desain penelitian yang digunakan adalah One Groups Pretest-Postest Design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Paired Samples T-Test dengan bantuan software SPSS 24. Analisis hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest (46,5) lebih tinggi daripada rata-rata nilai postest (76,8). Hasil analisis data menggunakan uji Paired Samples T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 berarti sig. (1-tailed) juga sebesar 0,000 atau nilai sig. < 0,05. Hal ini menjelaskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya nilai rata-rata posttest siswa lebih besar daripada nilai rata-rata pretest, sehingga memiliki arti terdapat perbedaan yang signifikan pada model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kartu soal dan kartu pintar terhadap aspek kognitif siswa pada mata pelajaran Momentum dan Impuls di SMA Negeri 4 Jember. Uji statistik selanjutnya menggunakan uji regresi dengan hasil bahwa nilai sig. Sebesar 0,04 (0,04 < 0,05) sesuai dengan kriteria pengujian statistik maka maka Ha diterima, Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan model PBL berbantuan media kartu soal dan kartu pintar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran momentum dan impuls. Hasil analisis data tentang Aktivitas Belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan perlakuan tersebut tampak kenaikan presentase tiap pertemuan dari rata-rata seluruh kriteria aktivitas belajar. Berdasarkan ketiga pertemuan pembelajaran mengalami peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa hal ini terbukti dari rata-rata aktivitas belajar tiap pertemuan yakni masing-masing 79,89 %, 88.67 %, dan 90.96 %. Ketiga pertemuan tersebut aktivitas belajar siswa dapat digolongkan dalam kategori aktif, sangat aktif, dan sangat aktif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84192
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ninik Handayani 130210102102_.pdf1.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools