Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84189
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | UMAMAH, Nurul | - |
dc.contributor.advisor | NA'IM, Mohamad | - |
dc.contributor.author | UBAIDILLAH, Iqbal | - |
dc.date.accessioned | 2018-02-08T04:10:04Z | - |
dc.date.available | 2018-02-08T04:10:04Z | - |
dc.date.issued | 2018-02-08 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210302070 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84189 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, diantaranya ialah: (1) materi pelajaran sejarah harus dapat mengembangkan integritas dan jati diri dari peserta didik; (2) pembelajaran sejarah harus mampu menumbuhkan sikap positif dan daya inovatif; (3) pembelajaran sejarah harus menumbuhkan rasa kompetitif di dalam kelas dengan perencanaan yang baik; (4) pembelajaran sejarah perlu membuat peserta didik dapat mengembangkan motivasi belajarnya. Melihat hal tersebut, maka kondisi ideal dalam pembelajaran sejarah diantaranya ialah dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk aktif, serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Fakta di sekolah, berdasarkan hasil penelitian pra-siklus kondisi yang ada di kelas X IPS 2 MAN 1 Jember adalah sebagai berikut: (1) peserta didik yang menghargai pelajaran sejarah = 61,2%; (2) komitmen atau keinginan lebih untuk terus mempelajari sejarah = 48,1%; (3) peserta didik yang termotivasi disaat pembelajaran = 61,8%; (4) perhatian peserta didik terhadap pelajaran sejarah = 67,8%; (5) keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran = 65,8%; dan (6) ketuntasan hasil belajar peserta didik pada ulangan harian = 28,2%. Kondisi yang ada di kelas tersebut memiliki permasalahan terkait daya tarik dan hasil belajar. Hal tersebut didasarkan pada indikator daya tarik yang ada serta ketuntasan hasil belajar yang tergolong rendah. Berdasarkan kajian teori para ahli permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan metode accelerated learning disertai media crossword puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) bagaimanakah penerapan metode accelerated learning disertai media crossword puzzle dapat meningkatkan daya tarik; dan (2) bagaimanakah penerapan metode accelerated learning disertai media crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas X IPS 2 MAN 1 Jember. Tujuan dalam penelitian ini ialah: (1) untuk menganalisis peningkatan daya tarik mata pelajaran sejarah dengan menerapkan metode accelerated learning disertai media crossword puzzle; dan (2) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar mata pelajaran sejarah dengan menerapkan metode accelerated learning disertai media crossword puzzle. Penelitian ini bermanfaat untuk beberapa pihak diantaranya: bagi peserta didik, pendidik, peneliti lain, dan bagi sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Objek penelitian ini ialah kelas X IPS 2 MAN 1 jember dengan jumlah peserta didik sebanyak 38 anak. Model penelitian yang digunakan ialah model action research Kemmis & Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) ketuntasan klasikal daya tarik pra- siklus = 60,9% meningkat 18,2% menjadi 79,1% pada siklus I, siklus I = 79,1% meningkat 6% menjadi 85,1% pada siklus II, siklus II = 85,1% meningkat 3,8% menjadi 88,9% pada siklus III; dan (2) ketuntasan hasil belajar pra-siklus = 28,2% meningkat 56% menjadi 84,2% pada siklus I, siklus I = 84,2% meningkat 13,2% menjadi 97,4% pada siklus II, siklus II = 97,4% meningkat 2,6% menjadi 100% pada siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan metode accelerated learning disertai media crossword puzzle dapat meningkatkan daya tarik dan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 2 MAN 1 Jember. Penggunaan metode disertai media ini tepat untuk digunakan di kelas X pada khususnya, dan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat pada umumnya. Pada penelitian ini memiliki kelemahan dari segi manajemen waktu, sehingga untuk peneliti selanjutnya saya rekomendasikan untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi kedepannya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210302070; | - |
dc.subject | ACCELERATED LEARNING | en_US |
dc.subject | MEDIA CROSSWORD PUZZLE | en_US |
dc.subject | MENINGKATKAN DAYA TARIK | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING DISERTAI MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Iqbal Ubaidillah - 130210302070_.pdf | 5.52 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools