Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/84039
Title: FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG MENJADI PERTIMBANGAN NASABAH MENYIMPAN DANA PADA BANK MANDIRI CABANG JEMBER WIJAYA KUSUMA DI KOTA JEMBER
Authors: IMAM, Kamarul
PRIHATINI, Dewi
LESMANA, Frendian Ari
Keywords: MARKETING MIX
NASABAH MENYIMPAN DANA
BANK MANDIRI CABANG JEMBER WIJAYA KUSUMA DI KOTA JEMBER
Issue Date: 19-Jan-2018
Series/Report no.: 010820101016;
Abstract: . Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa bank-bank di tengah krisis kepercayaan masyarakat terhadap perbankan, ternyata mampu menduduki posisi lima besar sebagai bank penghimpun dana pihak ketiga yang secara berurutan adalah sebagai berikut : (1) Bank Mandiri (2) Bank Central Asia, (3) Bank Negara Indonesia, (4) Bank Rakyat Indonesia dan (5) Bank Danamon. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa sesungguhnya Bank Mandiri masih menjadi primadona bagi nasabah untuk menyimpan dana sehingga perlu bagi pihak bank untuk dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Adapun penilaian tersebut didasarkan pada kemampuan likuiditas, rentabilitas, kualitas asset, efisiensi maupun modal bank. Berangkat dari latar belakang tersebut maka penelitian ini terfokus pada faktor-faktor marketing mix yang menjadi pertimbangan nasabah dalam menyimpan dana pada Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma. Penelitian ini mempunyai dua tujuan, yaitu (1) untuk mengetahui faktor-faktor marketing mix (produk, harga, tempat/lokasi, promosi, personil, proses dan bukti fisik) yang menjadi pertimbangan nasabah menyimpan dana pada Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma di kota Jember, dan (2) untuk mengetahui faktor marketing mix manakah yang paling dominan menjadi pertimbangan nasabah menyimpan dana pada Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma di kota Jember. Target populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma sebanyak 385 orang. Sampel sebanyak 115 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh Markating Mix (produk, harga, tempat/lokasi, promosi, personil, proses dan bukti fisik) terhadap keputusan nasabah baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Hasil penelitian. ini menunjukkan bahwa marketing mix (produk, harga, tempat/lokasi, promosi, personil, proses dan bukti fisik) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah menyimpan dananya sebesar 57,14%. Secara parsial ada enam variabel yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menyuimpan dana yaitu produk (X1) sebesar 5,734; harga (X2) sebesar 3,033; tempat/lokasi (X3) sebesar 1,886; promosi (X4) sebesar 1,911; orang (X5) sebesar 2,902; proses (X6) sebesar 2,852; sedangkan variabel bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menyimpan dana yaitu sebesar —1,606., diantara ketujuh variabel bebas yang mempunyai kontribusi (dominan) pengaruhnya terhadap keputusan nasabah menyimpan dananya adalah variabel produk (X1) dengan nilai p = 0,000 dan t hitung = 5,734.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84039
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Frendian Ari Lesmana 010820101016_.pdf17.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.