Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83960
Title: | PEMBELAJARAN SEJARAH KESIAPANNYA MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN |
Authors: | Umamah, Nurul |
Keywords: | Pembelajaran Sejarah Desain Pembelajaran Generasi Z |
Issue Date: | 15-Jan-2018 |
Abstract: | Paper ini dilatarbelakangi keresahan penulis melihat kesiapan pendidikan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar generasi milenial yang sering disebut Gen Y dan fenomena lahirnya generasi Z. Generasi Z memiliki karakteristik yang spesifik, antara lain digital natives, screensters, gamers, Zeds. Generasi yang cerdas teknologi (tech-savvy), terhubung (connected) dalam kehidupan global di planet bumi, generasi pengubah dunia, dan "mengikuti kata hati" (conscientious) (Kamdi, 2016). Hasil survey mengindikasikan Generasi Z sangat self directed, memiliki keinginan kuat untuk bekerja bagi diri sendiri, mempelajari kewirausahaan, dan merancang sendiri program studi yang mereka inginkan dipendidikan tinggi (Barnes & Noble College, 2014). Lebih tegas lagi AON (2017) menyebutkan generasi Z ingin membentuk journey mereka sendiri. Pada sisi lain, realita pendidikan terkini dikeluhkan oleh presiden Joko Widodo, bahwa Pendidikan di Indonesia monoton (28 Oktober 2017). Bagaimana pendidikan mampu menjawab tantangan jaman bila monoton? J.ebih spesifik lagi mengkaji tentang pembelajaran sejarah, yang identik dengan membelajarkan masa lalu yang bersifat einmalig, berbicara tentang masa lalu, dogma, doktrin, isi materinya jauh dari pembebasan/pemerdekaan. Sungguh, ajaran yang sangat bertentangan dengan kebutuhan dan karakteristik generasi Z. Perlu pemikiran yang mendalam untuk memecahkan masalah pendidikan bangsa, khususnya pembelajaran sejarah supaya tidak terjebak pada dogma-dogma, pesanan-pesanan yang akhirnya tidak terterima dengan baik oleh peserta didik, justru membuat ruang sekolah laiknya museum, pembelajaran bak dongeng pengantar tidur. Melalui studi literatur, dengan mengkaji penelitian-penelitian terkini, teori-teori dan praksis belajar/ pembelajaran, paperini mencoba menawarkan alternatif pemecahan masalah. |
Description: | Prosiding KAPITA SELEKTA (PENDIDIKAN) SEJARAH INDONESIA, Jilid 4, 2017 |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83960 |
ISBN: | 978-602-258-480-3 |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Prosiding_Nurul Umamah_PEMBELAJARAN SEJARAH.pdf | 895.65 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.