Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83734
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Authors: Prihandono, Trapsilo
Rinawati, Intan Putri
Keywords: THINK PAIR SHARE (TPS)
METODE EKSPERIMEN
Issue Date: 21-Dec-2017
Abstract: IPA merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep Hakikat fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal . Materi pelajaran akan lebih mudah dipelajari, dipahami, dihayati, dan diingat bila siswa sendiri memperoleh pengamatan langsung dari peristiwa belajar tersebut melalui pengamatan atau eksperimen maka siswa diharapkan Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa menggunakan Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP, (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP, (3) Mengkaji apakah ada perbedaan yang lebih baik antara hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA dSMP . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jenggawah. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group post test only design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test (Independent Sample T-test) untuk mengkaji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk mendeskripsikan aktivitas belajar. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji hipotesis dua pihak (two tail test). Karena menggunakan pihak kanan, maka nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.0095 ≤ 0.05 maka Ho ditolak sehingga nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian, Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. bahwa aktivitas belajar siswa pada tiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu 62,5%, 65%, 96,25% dan 96,2% sehingga dapat digolongkan dalam kriteria aktif. keterampilan proses sains siswa pada tiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu 69,7%, 80,8%, 92,4% dan 96,4% sehingga dapat digolongkan dalam kriteria baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang lebih baik antara hasil belajar siswa menggunakan Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen dan yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA di SMP, (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP dapat digolongkan dalam kategori aktif, (3) keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SMP dapat digolongkan dalam kategori baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83734
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Intan putri rinawati - 090210102065_1.pdf4.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools