Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83728
Title: TREND VOLUME PENJUALAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI TAPE “SUMBER MADU SAE” (Desa Sumberpinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember)
Authors: Jani Januar
Evita Soliha Hani
HASYATI
Keywords: PENJUALAN
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA
Issue Date: 20-Dec-2017
Abstract: Tape merupakan makanan fermentasi tradisional yang sudah tidak asing lagi. Di Kabupaten Jember, tape dikenal sebagai makanan khas yang memiliki cita rasa tersendiri dimata konsumennya. Selain tape, Kabupaten Jember juga memiliki makanan khas berbasis tape lainnya, diantaranya adalah suwar-suwir, dodol tape, proll tape, brownies tape, pia tape, dan lain-lain. Melihat banyaknya produk olahan tape di Kabupaten Jember, dapat diketahui tape memiliki peranan yang sangat penting di dunia pemasaran, sehingga ketersediaannya harus tetap dijaga. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dapat diperkirakan agroindustri tape akan mengalami pengembangan di masa mendatang, karena tidak menutup kemungkinan selanjutnya akan tercipta inovasi-inovasi pangan berbasis tape baru lainnya. Salah satu agroindustri yang memproduksi tape adalah Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE” yang terletak di Desa Sumberpinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Agroindustri tersebut telah berdiri sejak tahun 1984 dan telah mengalami perkembangan yang cukup besar, akan tetapi saat ini perkembangan agroindustri “Sumber Madu SAE” cenderung stagnan/mengalami kejenuhan yang diduga terdapat masalah yang berhubungan dengan volume penjualan yang fluktuatif, sehingga diperlukan suatu tindakan agar agroindustri tersebut semakin berkembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) trend ramalan volume penjualan tape pada Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE”, (2) variabel-variabel yang mempengaruhi volume penjualan tape pada Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE”, (3) strategi pengembangan usaha tape pada Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE”. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dan metode analitis. Pemilihan sampel pada permasalahan ketiga yaitu mengenai viii strategi pengembangan Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE dilakukan dengan cara purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa teks hasil wawancara dengan informan yang dijadikan sampel dalam penelitian. Sedangkan data sekunder didapatkan dari Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE” mulai dari bulan Februari 2014 hingga bulan Juli 2016. Alat analisis yang digunakan yaitu metode Arima Box-Jenkins, analisis regresi linier berganda serta analisis FFA. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) ramalan volume penjualan tape pada Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE” fluktuatif dengan trend yang cenderung meningkat setiap bulan; (2) Variabel-variabel yang mempengaruhi volume penjualan tape pada Agroindustri Tape “Sumber Madu SAE” yaitu volume produksi, harga bahan baku dan biaya bahan penolong, dan variabel volume produksi berpengaruh secara nyata terhadap volume penjualan tape; (3) Strategi pengembangan yang paling efektif adalah menghilangkan atau meminimalisasi hambatan kunci yaitu persaingan yang cukup tinggi, dan optimalisasi pendorong kunci yaitu permintaan produk tape “Sumber Madu SAE” yang cenderung tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83728
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hasyati - 121510601115_1.pdf2.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools