Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83370
Title: Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Media Permainan Balok Cuisenaire Di Tk Asy-Syafa’Ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
Authors: Khutobah
A. Lathief, Misno
Sa’adah, Siti Munirotus
Keywords: Kemampuan Berhitung Permulaan
Media Permainan Balok
Issue Date: 27-Nov-2017
Series/Report no.: 130210205041;
Abstract: Kemampuan berhitung permulaan adalah kemampuan yang dimiliki anak dalam memahami konsep dasar-dasar matematika atau berhitung permulaan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuan sesuai tahap usia perkembangannya, karakteristik perkembangannya dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan dirinya, sejalan dengan perkembangan kemampuannya anak dapat meningkat ke tahap pengertian mengenai jumlah, yaitu berhubungan dengan jumlah dan pengurangan. Contohnya seperti berhitung benda-benda yang ada disekeliling anak. Berdasarkan hasil observasi pada kelompok B TK Asy- Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 kemampuan anak khususnya dalam berhitung permulaan masih belum optimal, hal ini terlihat pada saat pembelajaran berlangsung, terdapat 62,6% atau 20 anak dari 32 anak yang kesulitan dalam menyebutkan banyak bilangan dan meghubungkan gambar sesuai jumlahnya. Keadaan ini dipicu oleh kegiatan guru pada proses pembelajaran untuk pengembangan kemampuan berhitung anak hanya dilakukan dengan pemberian tugas atau hanya dengan pengerjaan latihan di lembar kerja anak, hal tersebut dirasa sangat kurang efektif tanpa adanya media permainan yang tepat yang dibutuhkan anak, hal ini juga dapat menurunkan minat anak untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan media permainan balok cuisenaire untuk meningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK AsySyafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B melalui media permainan balok cuisenaire di TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan media permainan balok cuisenaire pada anak kelompok B di TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dan 2) Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B melalui media permainan balok cuisenaire di TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Asy-Syafa’ah dengan jumlah 30 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan penelitian dilakukan dengan menggunakan balok cuisenaire dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan II menggunakan media balok cuisenaire. Metode pengumpul data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningatan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B setelah diberikan tindakan dengan menerapkan media permainan balok cuisenaire. Diketahui rata-rata hasil belajar anak pada siklus I sebesar 67,2 dan siklus II meningkat menjadi 80. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung anak dari siklus I ke II sebesar 12,8. Saran bagi guru, hendaknya guru kelompok B menerapkan media permainan balok cuisenaire sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Saran kedua ditujukan kepada kepala sekolah yaitu hendaknya memfasilitasi dan mendukung pembelajaran menggunakan media balok cuisenaire bagi guru-guru. Saran ketiga ditujukan bagi peneliti lain yaitu dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83370
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Munirotus Sa’adah - 130210205041.pdf6.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools