Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83257
Title: STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM AMBULU KABUPATEN JEMBER
Authors: Kantun, Sri
Ani, Hety Mustika
Pangestu, Ardi Teguh
Keywords: Strategi Pemasaran
Anggota Koperasi
Koperasi Simpan Pinjam
Issue Date: 16-Nov-2017
Abstract: Koperasi merupakan suatu lembaga sebagai gerakan ekonomi rakyat yang membantu masyarakat untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat agar kesejahteraannya menjadi meningkat. Koperasi di Indonesia diatur di dalam Undang-undang Koperasi No. 25 Tahun 1992, dimana koperasi memiliki fungsi untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional berdasarkan atas asas kekeluargaan. Koperasi menjadi soko guru perekonomian Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Peran Koperasi dalam pembangunan, sebagai salah satu dari usaha nasional yang mempunyai kesempatan untuk mengembangkan usahanya dan mampu bersaing sehat dengan usaha milik swasta. Bentuk koperasi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat adalah KSP (Koperasi Simpan Pinjam). Koperasi Simpan Pinjam adalah salah satu bentuk koperasi yang keberadaannya dirasa cukup perlu dan membantu dalam mengatasi persoalan keuangan baik anggota maupun non anggota. Sistem dari koperasi simpan pinjam itu sendiri adalah dengan cara menyalurkan bentuk pinjaman kepada masyarakat baik anggota ataupun dapat juga melayani masyarakat yang bukan anggota koperasi tersebut yang membutuhkannya. Salah satu koperasi simpan pinjam yang ada yakni KSP Sumber Mulyo yang terletak di Jl. Semeru No 9 Tegalsari – Ambulu. Perkembangan KSP dalam kegiatannya mengalami beberapa hambatan. Salah satu yang utama adalah rendahnya partisipasi anggota. Penggunaan strategi yang tepat maka diharapakan dapat meningkatkan jumlah anggota/nasabah yang dapat meningkatkan perkembangan koperasi simpan pinjam Sumber Mulyo. Rumusan permasalahan yang akan menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan jumlah anggota sebelum dan sesudah menggunakan strategi pemasaran di KSP Sumber Mulyo Ambulu Jember. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Simpan Pinjam Sumber Mulyo yang terletak di Jl. Semeru No 9 Tegalsari, Ambulu. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive area, dimana tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja yang disesuaikan dengan tujuan dari penelitian ini. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan metode purposive, yaitu subjek penelitian dipilih dan ditentukan secara sengaja dengan mempertimbangkan bahwa subjek ini mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran yang dilakukan di KSP Sumber Mulyo Ambulu dapat dijelaskan bahwa kegiatan marketing KSP Sumber Mulyo sebelum menggunakan strategi pemasaran adalah mengandalkan pola pemasaran konvensional, promosi melalui brosur, melakukan sosialisasi secara langsung untuk promosi kepada calon nasabah, menentukan target baru atau sasaran baru, melakukan promo, dan menawarkan pengelolaan dana kepada kelompok masyarakat. Upaya meningkatkan jumlah nasabah di KSP Sumber Mulyo dengan menggunakan strategi pemasaran generik yang fokus untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yakni dengan keunggulan harga, diferensiasi serta fokus. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan jumlah nasabah di KSP Sumber Mulyo dapat dilakukan dengan fokus untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh KSP Sumber Mulyo yakni; Keunggulan ix sebelum dan sesudah menggunakan strategi pemasaran di KSP Sumber Mulyo Ambulu Jember. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Simpan Pinjam Sumber Mulyo yang terletak di Jl. Semeru No 9 Tegalsari, Ambulu. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive area, dimana tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja yang disesuaikan dengan tujuan dari penelitian ini. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan metode purposive, yaitu subjek penelitian dipilih dan ditentukan secara sengaja dengan mempertimbangkan bahwa subjek ini mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran yang dilakukan di KSP Sumber Mulyo Ambulu dapat dijelaskan bahwa kegiatan marketing KSP Sumber Mulyo sebelum menggunakan strategi pemasaran adalah mengandalkan pola pemasaran konvensional, promosi melalui brosur, melakukan sosialisasi secara langsung untuk promosi kepada calon nasabah, menentukan target baru atau sasaran baru, melakukan promo, dan menawarkan pengelolaan dana kepada kelompok masyarakat. Upaya meningkatkan jumlah nasabah di KSP Sumber Mulyo dengan menggunakan strategi pemasaran generik yang fokus untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yakni dengan keunggulan harga, diferensiasi serta fokus. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan jumlah nasabah di KSP Sumber Mulyo dapat dilakukan dengan fokus untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh KSP Sumber Mulyo yakni; Keunggulan biaya dengan memberikan perbedaan biaya administrasi dengan koperasi, bank, maupun lembaga keuangan lainya; Diferensiasi pola pencairan dengan membedakan pola pencairan yang berbeda dari lembaga pesaing KSP dan program kompensasi pinjaman; Fokus kepada produk pinjaman yang lebih diminati oleh masyarakat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83257
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ardi Teguh Pangestu - 090210301077_1.pdf1.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools