Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83052
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Na’im, Mohammad | - |
dc.contributor.advisor | Sumardi | - |
dc.contributor.author | Verlisya Putri Bunyamin, Litha | - |
dc.date.accessioned | 2017-11-06T07:41:59Z | - |
dc.date.available | 2017-11-06T07:41:59Z | - |
dc.date.issued | 2017-11-06 | - |
dc.identifier.nim | NIM 120210302067 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83052 | - |
dc.description.abstract | Berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan oleh peneliti tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu melalui penggunaan gambar dan metode probing prompting sebagai media pembelajaran sejarah, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran sejarah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2016/2017 dari pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh skor akhir 49,14% meningkat pada siklus 1 dengan skor 55,40% yang dinyatakan kemmapuan berpikir krtitis masih rendah dan meningkat pada siklus 2 dengan skor 64,18% yang dinyatakan cukup kritis serta meningkat pada siklus 3 dengan skor 72,09% yang dinyatakan cukup kritis. 2) Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran sejarah mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2016/2017. Persentase hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif peserta didik pada siklus 1 memperoleh 74,81%, pada siklus 2 memperoleh persentase 77,40% sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,01% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 84,97% sehingga mengalami peningkatan 14,81%. Berdasarkan hasil analisis data pada pelaksanaan siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 dapat dinyatakan bahwa hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu dengan penggunaan media gambar dan metode probing prompting pembelajaran dapat meningkat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | PENERAPAN METODE PROBING PROMPTING | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE PROBING PROMPTING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMAN AMBULU SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Litha Verlisya Putri Bunyamin - 120210302067 a.pdf | 2.7 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools