Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83043
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik-
dc.contributor.authorYuliana-
dc.date.accessioned2017-11-06T05:48:03Z-
dc.date.available2017-11-06T05:48:03Z-
dc.date.issued2017-11-06-
dc.identifier.nim130210204055-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83043-
dc.description.abstractPeningkatan Mengarang Narasi Ekspositoris dengan Menggunakan Media Gambar seri pada Siswa Kelas III SDN Sumbersari 01 Jember; Yuliana, 130210204055; 2017: 49 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung untuk menyampaikan ide atau gagasan. Dalam KTSP kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas III dalam keterampilan menulis adalah menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa, kemampuan menulis (mengaranga narasi) siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: (1) siswa masih belum dapat merangkai kata (2) kosakata yang digunakan siswa masih kurang banyak (3) siswa sulit menuliskan cerita secara runtut, belum paham dengan alur cerita, (4) sulit untuk menalar dan sulit untuk mengungkapkan kata atau kalimat dalam menyusun karangan (5) siswa seringkali salah dalam penggunaan ejaan (6) minat menulis siswa yang masih rendah (7) siswa cenderung pasif seperti menyalin karangan yang ada di buku paket bahasa Indonesia (8) tidak adanya media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Jenis media pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media visual. Salah satu jenis media visual yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut ialah media gambar seri. Media gambar seri adalah media gambar yang berupa gambar berurutan yang menceritakan suatu peristiwa. Berdasarka uaraian tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan mengarang narasi ekspositoris pada siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2016/2017; dan (2) Untuk meningkatkan mengarang narasi ekspositoris siswa dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins dengan empat tahapan yaitu perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dan teknik tes kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan mengarang narsi siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu: (1) guru membimbing siswa membuat judul berdasarkan gambar seri (2) guru memberikan contoh penggunaan tanda ejaan dan tanda baca dalam menulis karangan (3) guru memberikan banyak contoh kosa kata (4) guru membimbing siswa mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan dan membuat cerita yang runtut sesuai gambar seri (5) media gambar seri yang digunakan pada siklus I dan II berbeda. Terkait dengan penerapan media gambar seri, peningkatan keterampilan mangarang narasi ekspositoris dengan menggunakan media gambar siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember, apabila dilihat dari hasil menulis karangan narasi ekspositoris siswa, secara klasikal mengalami peningkatan rata-rata pada prasiklus yaitu 54,68 % meningkat menjadi 62.71% pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 73.17%. berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan mengarang narasi siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember. Adapun saran dari penelitian ini adalah media gambar seri merupakan media yang dapat menyampaikan pesan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Media gambar seri merupakan media yang praktis dan mudah kita dapatkan, serta penggunaanya yang relatif mudah, sehingga guru dapat menggunakan media gambar seri dalam proses pembelajaran. Media gambar seri yang digunakan harus jelas, kronologis, menarik perhatian siswa dan jumlah gambar yang lebih dari 4 buah gambar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectNARASI EKSPOSITORISen_US
dc.subjectMEDIA GAMBAR SERIen_US
dc.titlePENINGKATAN MENGARANG NARASI EKSPOSITORIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuliana - 130210204055 (1)_1.pdf2.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools