Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83020
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN GEOMETRI POKOK BAHASAN SUDUT DALAM RUANG DIMENSI TIGA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAKUSARI
Authors: Sunardi
Setiawani, Susi
Sandy, Perdana Arief
Keywords: KOMPUTER DENGAN SOFTWARE CABRI 3D
Issue Date: 6-Nov-2017
Abstract: Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Seiring perkembangan jaman dan kemajuan IPTEK, muncul berbagai metode belajar yang bertujuan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran matematika. Selain itu juga muncul berbagai media belajar yang membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, seperti pada materi geometri. Menurut Guven dan Kosa (2008), software Dynamic Geometry Software (DGS) memudahkan siswa dalam belajar konsep geometri dan menggali hubungan geometri dengan mudah, khususnya dalam mengembangkan kemampuan keruangan siswa. Penggunaan media pembelajaran yang relevan sudah semestinya dilakukan guru saat menyampaikan materi pelajaran di kelas. Sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Pemahaman siswa yang baik pada materi yang telah diberikan akan dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi mereka. Tujuan diadakann penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe students teams achievement division (STAD) berbantuan komputer dengan software Cabri 3D terhadap kemampuan geometri pokok bahasan sudut dalam ruang dimensi tiga dengan harapan dapat menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat meningkatkan hasli belajar siswa. Sehingga guru dapat memilih dan menentukan media pembelajaran yang sesuai ketika hendak menyampaikan materi pelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83020
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Perdana Arief Sandy 120210101112.pdf sdh.pdf3.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools