Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82999
Title: PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA- BIOLOGI SISWA ( Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas VII)
Authors: Suratno
Pujiastuti.
Sari, Novia Nanda
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING
Issue Date: 6-Nov-2017
Abstract: Pentingnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa yaitu dapat menjadi salah satu tolok ukur kualitas seseorang di zaman modern ini. Karena pemecahan masalah bergunai untuk pembelajaran di abad 21 yang lebih baik. Guru dapat mempersiapkan siswa untuk memiliki kemampuan berfikir kritis, kreatif dan dapat memecahkan masalah . Pemecahan masalah dalam konteks pembelajaran sains telah menjadi tema utama dalam penelitian. Selain itu, aktivitas pemecahan masalah membantu siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru dan memfasilitasi pembelajaran sains. Pelajaran IPA (Biologi) sangat berkaitan dengan masalah yang ada di dalam pelajaran tersebut khususnya permasalahan yang dapat terjadi pada siswa sehari-hari. Sehingga kemampuan pemecahan masalah pada siswa sangat di butuhkan dalam menyelesaikan permasalahan yang didapatkan oleh siswa. Secara umum kemampuan pemecahan masalah pada siswa jarang diukur secara lebih detail oleh guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaanpertanyaan, memfasilitasi penyelidikan, dan membuka dialog. Suatu kegiatan belajar mengajar diperlukan adanya suatu refleksi dan saran untuk membantu guru memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menarik. Peningktan kualitas guru untuk meningkatkan proses pembelajaran dapat dilakukan melalui adanya diskusi yang dilakukan secara kolaborasi oleh para guru sebelum pembelajaran dilakukan, dan refleksi serta evaluasi setelah pembelajaran agar mendapatkan kritik dan saran dari Obeserver untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Jelbuk Jember pada kelas VIIB (kelas eksperimen) dan VIIC (Kelas kontrol) tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan teknik kuasi eksperimen. teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Keterampilan proses siswa dianalisis menggunakan uji statistik t-test. Hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji anakova.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82999
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Novia Nanda Sari - 130210103032.pdf sdh.pdf4.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools