Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82805
Title: PENGARUH KEPUASAN KERJA DUKUNGAN ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA DI KECAMATAN SUMBERSARI
Authors: TOBING, Diana Sulianti K
HANA, Sri Wahyu Lelly Hana
FATATI, Madaam Anieq
Keywords: KEPUASAN KERJA DUKUNGAN ORGANISASI
MOTIVASI KERJA
KINERJA GURU SMK SWASTA DI KECAMATAN SUMBERSARI
Issue Date: 28-Oct-2017
Series/Report no.: 130820101013;
Abstract: Penelitian ini diberikan judul “Pengaruh Kepuasan Kerja Dukungan Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Di Kecamatan Sumbersari” termasuk explanatory research (penelitian penjelasan) karena dimaksudkan untuk mengukur dan menganalisa ada tidaknya pengaruh faktor kepuasan kerja dan dukungan organisasi terhadap motivasi kerja dan kinerja guru di SMK Swasta Kecamatan Sumbersari Jember. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hal ini agar peneliti dapat menganalisa pengaruh langsung dari setiap variabel yang diteliti. Variabel yang digunakan adalah variabel kepuasan kerja dan dukungan organisasi sebagai variabel independen yang mempengaruhi variabel motivasi kerja sebagai intervening dan kinerja guru sebagai variabel dependen. Dalam penelitan ini yang menjadi populasi adalah guru di SMK Swasta Kecamatan Sumbersari Jember sejumlah 49 orang yang terdiri dari 13 orang sebagai guru SMK Trunojoyo, 26 orang sebagai guru SMK Kartini dan 10 orang sebagai guru SMK Muh.Sroedji. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Swasta Kecamatan Sumbersari Jember tentang pengaruh kepuasan kerja, dukungan organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru menghasilkan bahwa Kepuasan Kerja secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru. Tetapi dengan hasil koefisien yang positif dari kepuasan kerja maka lambat-laun meningkatkan kinerja pada sekolah untuk menghasilkan kerja yang lebih baik butuh proses cukup panjang dengan didukung oleh lingkungan yang kondusif maka hasil pekerjaan akan maksimal sesuai dengan yang diinginkan sekolah. Dukungan Organisasi secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru. Tetapi dengan hasil koefisien yang positif dari dukungan Organisasi maka lambat-laun meningkatkan kinerja pada sekolah, dukungan organisasi yang baik akan menghasilkan output yang baik pula sehingga penataan kembali terhadap kebiasaan bekerja yang tidak tutas perlu dihindarkan, budayakanlah kerja tuntas sehingga pekerjaan tidak tertunda yang nantinya akan menjadi nilai positif terhadap kinerja guru. Motivasi secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Guru. Tetapi dengan hasil koefisien yang positif dari Motivasi kerja maka lambat-laun meningkatkan kinerja pada sekolah, motivasi perlu ditingkatkan sebagai usaha untuk menstimulasi kinerja guru, dengan reward atas pekerjaan yang setimpal maka guru akan meningkatkan kinerjanya yang akan berdampak positif terhadap sekolah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82805
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MADAAM ANIEQ FATATI, S.E. - 130820101013_.pdf1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.