Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82723
Title: UPAYA PENGEMBANGAN OBYEK WISATA ALAM BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN BANYUWANGI
Authors: Hariyono, Akhmad
Arif, Rudi Sholekhan
Keywords: PENGEMBANGAN OBYEK WISATA ALAM
PERTUMBUHAN EKONOMI
KABUPATEN BANYUWANGI
Issue Date: 27-Oct-2017
Abstract: Abad ke 21 tahun 2000 telah tiba, millenium III telah mulai sementara abad 20 telah lewat dengan meninggalkan sejarah guratan panjang yang tak mudah dilupakan. Pada gerbang pergantian abad ini layak kiranya kalau kita menoleh sejenak, menengok saat-saat terakhir abad 20 yang dimulai dari penyelesaian UU Nomor 9 tahun 1990, tentang kepariwisataan, berdasarkan UU tersebut kegiatan-kegiatan pengembangan kepariwisataan mempunyal rujukan dasar serta arah yang jelas. Sayangnya kegiatan pengembangan kepariwisataan yang terakhir menunjukkan hasilnya tersebut, sempat terguncang oleh krisis nasional serta citra yang kurang menguntungkan. Kepariwisataan jatuh terpuruk pada titik terendah terutama pada penghujung tahun 1997. Terpuruknya kepariwisataan nasional yang dirasakan oleh Jawa Timur tersebut telah diperparah oleh beredarnya Travel Advisory dari beberapa negara. Sementara itu, sinyal masa perekonomian mengingatkan bahwa pada masa itu adalah masa persiapan memasuki era perdagangan bebas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Diantara berbagai kesulitan dan keterbatasan itu kepariwisataan Jawa Timur menggeliat melepaskan diri dari ikatan irama genderang yang tidak menguntungkan. Dilakukanlah berbagai gebrakan yang bersifat signifikan antara lain diterbitkannya majalah pariwisata yang salah satu sasarannya adalah memberikan informasi yang benar serta untuk membangun aspek pasar. Dalam tahun yang sama, Jawa Timur menyelenggarakan pasar Wisata Internasional Majapahit Travel Fair 1999, dengan jumlah buyer yang melebihi target. Upaya Jawa Timur tidak berhenti sampai disitu, pada saat Konferensi Wisata Dunia di Bali. Jawa Timur menyampaikan ide untuk menyelenggarakan Culture Tourism Jambore 2000 (CTJ 2000) sebagai pemasaran langsung wisata budaya. Tentunya kondisi yang tercipta yang menguntungkan kepariwisataan tersebut tidak boleh tenggelam bersama abad 20, melainkan harus dimanfaatkan sebagai pedoman pembangunan kepariwisataan pada awal abad 21 ini.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82723
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Culture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rudi Sholekhan Arif 960103101011.pdf11.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.