Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82706
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Khutobah | - |
dc.contributor.advisor | A. Lathif, Misno | - |
dc.contributor.author | SUSANTI, DWI | - |
dc.date.accessioned | 2017-10-27T03:41:55Z | - |
dc.date.available | 2017-10-27T03:41:55Z | - |
dc.date.issued | 2017-10-27 | - |
dc.identifier.nim | NIM 130210205032 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82706 | - |
dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diperoleh kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 berikut kesimpulanya: 5.1.1 Pelaksanaan kegiatan membuat garis dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan melalui dua siklus. Pembelajaran siklus I kegiatan yang dilakukan yaitu bernyanyi “ABC”, memperkenalkan macam-macam garis, mendemonstrasikan menulis huruf a melalui kegiatan membuat garis lurus dan lengkung, mengajak anak untuk menulis di udara. Kegiatan selanjutnya dengan melakukan tes yaitu, tes lisan dan tes tulis. Tes lisan untuk menilai kemampuan mengenal simbol-simbol huruf menggunakan media amplop huruf sedangkan tes tulis berupa LKA yaitu untuk menilai kemampuan membuat coretan yang bemakna dengan menebalkan dan membuat segi empat, lingkaran dan bintang, untuk menilai kemampuan meniru huruf dengan mewarnai gambar apel kemudian membuat garis lurus dan lengkung pada huruf a dan menirukan huruf a di sampingnya. Kendala yang dialami pada siklus I yaitu anak sering terbalik menyebutkan huruf M dan n, masih belum hafal dengan huruf V, W, X, Y, dan Z, beberapa anak masih raguragu ketika menulis, tangan anak merasa lelah ketika digunakan terus menerus, dan guru harus memperhatikan arah jari ketika menulis di udara. Pembelajaran siklus II dilakukan untuk memperbaiki kekurangankekurangan pada siklus I, kegiatan yang dilakukan adalah bernyanyi “ABC” dengan menggunakan gambar abjad agar anak dapat membedakan huruf M dan N serta anak dapat menghafal huruf V, W, X dan Z, mendemonstrasikan menulis huruf S, K, T dan W melalui kegiatan membuat garis lurus, tegak, miring dan lengkung, anak diajak menulis di udara dengan guru memperhatikan arah jari tangan dan menanyakan pada anak garis apa saja yang ada pada huruf-huruf tersebut, mengajak anak maju kedepan untuk menulis di papan tulis agar anak lebih percaya diri dan tidak ragu-ragu ketika menulis, kemudian melakukan tes. Tes lisan untuk menilai kemampuan mengenal simbol-simbol huruf dengan menggunakan media kartu huruf sedangkan tes tulis berupa LKA yaitu untuk menilai kemampuan membuat coretan yang bermakna dengan menebalkan dan membuat garis, untuk menilai kemampuan meniru huruf dengan menebalkan huruf kemudian menirunya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN MEMBUAT GARIS DI TK KARTIKA IV-73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DWI SUSANTI 130210205032 a.pdf | 2.72 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools