Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82646
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKUSUMAH, Maulana Surya-
dc.contributor.authorSULISTYOWATI, Yefita-
dc.date.accessioned2017-10-26T01:11:36Z-
dc.date.available2017-10-26T01:11:36Z-
dc.date.issued2017-10-26-
dc.identifier.nimNIM120910302072-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82646-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan bagaimana produksi ruang yang diciptakan oleh mahasiswa di kafe kolong. Ngopi atau nongkrong tidak hanya minum kopi melainkan interaksi sosial yang dicari dari mahasiswa atau komunitas ketika berada di kafe kolong. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif (descriptive research). Untuk penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik pengabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Metode analisis data terlebih dahulu melakukan pengumpulan data yang ada di lapangan. Dengan teknik penyajian dan analisa data cara mengolah data awal menjadi uraian analisis. Hasil dari penelitian bahwa kafe kolong sebagai ruang sosial, ruang ekonomi dan ruang aktivitas bagi mahasiswa atau komunitas. Adanya kafe kolong menjadikan mahasiswa atau komunitas bebas mengekspresikan dirinya saat berada di sana. Terdapat interkasi yang menimbulkan sebuah relasi antar individu ke individu, individu ke kelompok. Aktivitas atau kegiatan yang dilakukan mahasiswa atau komunitas sangat positif seperti halnya menumbuhkan perilaku yang bermasyarakat. Interaksi yang terjalin di kafe kolong sangat akrab karena dari pemilik kafe juga ikut berinteraksi dengan mahasiswa atau komunitas. Kesimpulan dari penelitian ini Mahasiswa yang meluangkan waktunya untuk ngopi atau nongkrong salah satunya ingin mencari relasi pertemanan, ingin menyalurkan bakatnya dan ingin bersantai di kafe kolong. Adanya relasi pertemanan menjadikan mahasiswa atau komunitas memiliki banyak teman yang nantinya akan lebih banyak mendapatkan informasi. Di dalam kafe kolong terdapat relasi sosial yang merupakan tahap awal terbentukny aindividu ke kelompok yang dimana didalamnya terjadi berbagai bentuk interaksi sosial.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120910302072;-
dc.subjectNGOPIen_US
dc.subjectTREND HANGOUTen_US
dc.subjectKAFE KOLONG MASTRIP JEMBERen_US
dc.titleNGOPI SEBUAH PRODUKSI RUANG DALAM TREND HANGOUT MAHASISWA DI KAFE KOLONG MASTRIP JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yefita Sulistyowati - 120910302072_.pdf2.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools