Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82631
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Suhartiningsih | - |
dc.contributor.advisor | Hutama, Fajar Surya | - |
dc.contributor.author | Pratiwi, Maudy Claudia | - |
dc.date.accessioned | 2017-10-25T06:06:41Z | - |
dc.date.available | 2017-10-25T06:06:41Z | - |
dc.date.issued | 2017-10-25 | - |
dc.identifier.nim | NIM 130210204115 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82631 | - |
dc.description.abstract | Standar Kompetensi (SK) dalam Kurilukum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV semester 2 mengharapkan siswa dapat menuangkan pikiran, perasaan, ide, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan sederhana. Kompetensi Dasarnya adalah menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan ejaan. Adapun indikator yang hendak dicapai, ialah siswa mampu menyusun karangan narasi dengan menggunakan ejaan yang baik dan benar. Untuk itu kompetensi siswa dalam keterampilan menulis karangan cukup diperlukan. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancuran 2 Bondowoso diperoleh informasi bahwa ada beberapa permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis karangan narasi. Siswa masih kesulitan menyusun karangan, masih banyak siswa menggunakan kata baku dalam menulis, dan kurang memperhatikan ejaan dalam menulis karangan narasi. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa untuk membaca buku sehingga kurangnya pembendaharaan kata dan kurang bervariasinya guru dalam menjelaskan pembelajaran di dalam kelas, sehingga siswa mudah bosan dan tidak semangat dalam pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa ialah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Model pembelajaran ini dipilih karena dianggap tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa. Dengan model pembelajaran TPS siswa bisa saling berdiskusi dan saling membantu satu sama lain, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | MENULIS KARANGAN NARASI | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN PANCURAN 2 BONDOWOSO | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Maudy Claudia Pratiwi 130210204115.pdf sdh.pdf | 4.89 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools