Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82530
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLESMONO, Albertus Djoko-
dc.contributor.advisorHANDONO, Sri-
dc.contributor.authorANGGRAINI, Santi Afifah Putri-
dc.date.accessioned2017-10-23T11:22:45Z-
dc.date.available2017-10-23T11:22:45Z-
dc.date.issued2017-10-23-
dc.identifier.nimNIM130210102091-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82530-
dc.description.abstractLembar Kerja siswa (LKS) adalah bentuk bahan ajar yang membantu siswa melakukan aktivitas secara mandiri maupun berkelompok. LKS merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat bagi siswa karena LKS membantu siswa untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis. Berdasarkan hasil observasi di MAN 1 Jember LKS yang digunakan di sekolah adalah LKS dari penerbit. LKS penerbit hanya berisi ringkasan materi dan latihan soal sehingga pembelajaran fisika dirasa kurang bermakna. LKS yang ada di sekolah kurang menuntun siswa untuk melakukan praktikum secara ilmiah. Proses ilmiah juga dapat digunakan melatih siswa untuk berpikir kritis. LKS harus dibuat menarik dan mengandung langkah-langkah ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengembangakan LKS berbasis POE untuk mendeskripsikan: (1) validitas LKS, (2) mendiskripsikan respon siswa terhadap LKS berbasis POE, dan (3) mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menngunakan LKS berbasis POE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa LKS berbasis POE. Penelitian ini mengembangkan desain pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Responden penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 di MAN 1 Jember berjumlah 25 orang. Instrument perolehan data yang digunakan yaitu terdiri dari lembar validasi LKS, soal post-test, dan lembar angket respon. Teknik perolehan data yang digunakan yaitu validasi, tes, dan angket. Data yang didapatkan adalah validasi LKS, respon siswa dan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai persentase validitas LKS berbasis POE untuk validasi ahli sebesar 85% dengan kategori sangat valid, validasi pengguna sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis persentase sebesar 67% dengan kategori kritis. Berdasarka data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa; (1) validasi LKS berbasis POE dikategorikan sangat valid, (2) respon siswa terhadap LKS berbasis POE adalah respon sangat baik, dan (3) kemampuan berpikir kritis siswa setalah menggunakan LKS berbasis POE adalah kritis.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102091;-
dc.subjectLEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASISen_US
dc.subjectPOE MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANAen_US
dc.subjectSISWA KELAS X MAN 1 JEMBERen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS POE MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS X MAN 1 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SANTI AFIFAH PUTRI ANGGRAINI 130210102091_.pdf2.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools