Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82529
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | LESMONO, A. Djoko | |
dc.contributor.advisor | PRIHANDONO, Trapsilo | |
dc.contributor.author | ROHMAN, Roby Hidayatur | |
dc.date.accessioned | 2017-10-23T11:18:27Z | |
dc.date.available | 2017-10-23T11:18:27Z | |
dc.date.issued | 2017-10-23 | |
dc.identifier.nim | 120210102043 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82529 | |
dc.description.abstract | Berdasarkan kurikulum 2013 selain sebagai bekal ilmu, fisika dibelajarkan sebagai wahana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, serta menumbuhkan kemampuan berpikir dan bersikap ilmiah. Siswa dituntut untuk memahami dan memaknai ilmu yang didapat guna memecahkan dan menyikapi fenomena dan kejadian alam secara kritis dan ilmiah. Namun, pada kenyataannya tujuan ini masih sulit tercapai dengan baik dikarenakan beberapa faktor, diantaranya; kekurangan dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran, bahan ajar yang kurang kontekstual dan cenderung monoton, serta kurangnya kebiasaan untuk berpikir kritis. Berdasarkan hasil wawancara, siswa lebih menyukai rangkuman rumus dan contoh soal. Akibatnya siswa malas memahami materi secara mendalam dan meluas. Mereka terfokus hanya pada latihan-latihan soal yang monoton. Akibatnya, kemampuan berpikir kritis dan ilmiahnya lemah, khususnya dalam menyikapi fenomena dalam kehidupan sekitarnya. Padahal, menurut kurikulum terbaru siswa dituntut untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah terkait dengan materi dalam kehidupan dan lingkungan sekitar. Siswa juga layaknya mampu mengintegrasikan pembelajaran fisika dalam bidang lain khususnya Science, Technology, Environment, dan Society (SETS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa bahan ajar interaktif fisika berwawasan SETS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan hukum Newton gravitasi di MAN Bondowoso. Dengan demikian, hasil dari penelitian tersebut adalah validitas bahan ajar interaktif, kemampuan berpikir kritis siswa, dan respons siswa terhadap bahan ajar interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D. Penelitian dilaksanakan di MAN Bondowoso kelas XI IPA pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling melalui analisis siswa. Pertimbangan ini dilakukan pada tahap analisis siswa pada fase pendefinisian dalam model pengembangan bahan ajar model 4-D. Selanjutnya, data validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang diisi oleh validator, kemudian data kemampuan berpikir kritis siswa dan respons siswa diperoleh pada tahap uji pengembangan. Berdasarkan hasil validasi ahli atau logis diperoleh skor 4,2 untuk validitas konstruk dan 4,15 untuk validitas isi. Hal ini berarti bahan ajar interaktif mendapat kriteria valid konstruk dan valid isi. Melalui uji pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa akumulatif yang didapatkan dari 37 siswa mengalami peningkatan berkategori sedang yaitu dengan nilai n-gain 0,38. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif mampu mendukung siswa dalam memaksimalkan pembelajaran dan membiasakan siswa untuk berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi. Siswa mampu mengintegrasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat khususnya materi gravitasi pada bidang lain (Science, Technology, Environment, dan Society). Selanjutnya, berdasarkan data respons siswa didapatkan respons yang positif pada setiap indikator yang dimunculkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif dapat membuat pembelajaran lebih berkesan dan kontekstual sehingga siswa mudah memahami materi yang dipelajari serta terlatih untuk berpikir kritis. Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Bahan ajar interaktif fisika berwawasan SETS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan hukum gravitasi Newton di MAN Bondowoso yang dikembangkan valid konstruk dan valid isi, 2) kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan kategori sedang, dan 4) respons siswa terhadap bahan ajar interaktif yang dikembangkan positif untuk semua aspek yang dimunculkan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120210102043; | |
dc.subject | BAHAN AJAR INTERAKTIF FISIKA | en_US |
dc.subject | SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY | en_US |
dc.subject | MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA | en_US |
dc.title | Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Fisika Berwawasan Sets(SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik 8 November | |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Roby Hidayatur Rohman 120210102043_.pdf | 2.3 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools