Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82525
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | MUCHTAR, Imam | - |
dc.contributor.advisor | FITRIYAH, Chumi Zahroul | - |
dc.contributor.author | YULIANTI, Norma Fitroh | - |
dc.date.accessioned | 2017-10-23T11:04:36Z | - |
dc.date.available | 2017-10-23T11:04:36Z | - |
dc.date.issued | 2017-10-23 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210204116 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82525 | - |
dc.description.abstract | Karakteristik kurikulum 2013 yaitu adanya keseimbangan antara soft skill dan hard skill yang meliputi aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan dengan menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran. Pembelajaran perlu dirancang dan dilaksanakan sedemikian rupa yang membuat siswa terlibat aktif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SD Muhammadiyah 01 Tanggul diketahui bahwa skor rata-rata klasikal aktivitas belajar siswa 52,14 (cukup aktif) sedangkan untuk hasil belajar diperoleh skor rata-rata klasikal ranah afektif 54,64 (sedang/cukup), skor rata-rata klasikal ranah kognitif 67,51 (sedang/cukup) dan skor rata-rata klasikal ranah psikomotor 62,5 (sedang/cukup). Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah menggunakan pendekatan saintifik tetapi ada beberapa tahap saintifik yang belum tampak seperti tahap mengumpulkan data/informasi, mengamati maupun mengkomunikasikan masih belum nampak saat pembelajaran. Peneliti juga menemukan masalah-masalah yang timbul dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, menyampaikan hasil kerja kelompok. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media audio visual. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA tema daerah tempat tinggalku melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media audio visual di SD Muhammadiyah 01 Tanggul Jember semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian siswa kelas IVA di SD Muhammadiyah 01 Tanggul dengan jumlah 28. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan berupa wawancara, observasi, dokumen, dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sudah berjalan dengan baik. Pada saat pembelajaran siswa diorganisir ke dalam beberapa kelompok secara heterogen dengan tujuan agar siswa dapat berkerjasama dengan kelompok barunya dan tidak selalu harus bersama dengan teman-teman dekatnya. Peneliti menggunakan media audio visual dalam menyampaikan materi pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosan saat belajar di kelas. Media audio visual tersebut bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menerima materi secara visual sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media audio visual pada tema daerah tempat tinggalku subtema keunikan daerah tempat tinggalku pembelajaran 3 mengalami peningkatan. Secara klasikal skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus pra siklus 52,14 (cukup aktif) meningkat pada siklus I 70,95 (baik) dan meningkat lagi menjadi 85,23 (sangat baik) pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, skor rata-rata ranah afektif pada pra siklus 54,64 (cukup baik) meningkat pada siklus I menjadi 72,14 (baik) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 87,67 (sangat baik), skor rata-rata ranah kognitif pada pra siklus 67,51 (cukup baik) meningkat menjadi 73,18 (baik) pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,97 (sangat baik), dan skor rata-rata klasikal ranah psikomotorik pada pra siklus 62,5(cukup baik) meningkat menjadi 76,33 (baik) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,82 (sangat baik) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA tema daerah tempat tinggalku subtema keunikan daerah tempat tinggalku pembelajaran 3. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210204116; | - |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF | en_US |
dc.subject | STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) | en_US |
dc.subject | BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL | en_US |
dc.subject | KELAS IVA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SD MUHAMMADIYAH 01 TANGGUL | en_US |
dc.subject | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA | en_US |
dc.subject | DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SD MUHAMMADIYAH 01 TANGGUL | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SD MUHAMMADIYAH 01 TANGGUL | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Norma Fitroh Yulianti - 130210204116_.pdf | 5.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools