Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82524
Title: | HUBUNGAN ANTARA BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AD-DHUHA KABUPATEN JEMBER |
Authors: | MARIJONO IMSIYAH, Niswatul AFIFAH, Nor |
Keywords: | ANTARA BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN AD-DHUHA KABUPATEN JEMBER |
Issue Date: | 23-Oct-2017 |
Series/Report no.: | 130210201029; |
Abstract: | Untuk mewujudkan pendidikan anak usia dini yang diharapkan harus didukung dengan adanya model pembelajaran yang sesuai dan juga berkualitas, sebab model pembelajaran dalam suatu pendidikan digunakan sebagai panduan atau pedoman dalam melakukan aktifitas pembelajaran. Saat ini telah muncul model pembelajaran yang pembelajarannya berorientasi pada anak yaitu BCCT (Beyond Centers and Circle Time). BCCT mempunyai tujuan untuk membantu merangsang semua aspek perkembangan anak usia dini dan juga pembelajarannya berorientasi pada kebutuhan anak. Salah satu perkembangan anak usia dini yang perlu diperhatikan adalah perkembangan motorik halus, karena dengan normalnya perkembangan motorik halus akan memungkinkan anak dapat beranjak lebih aktif, dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan dan juga lebih siap menghadapi siklus berikutnya Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Adakah hubungan antara Beyond Centers and Circle Time dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di KB Ad-Dhuha Kabupaten Jember?”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara BCCT dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di KB Ad-Dhuha Kabupaten Jember. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu dapat dijadikan masukan secara teoritis dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan menggunakan purposive area yaitu pada lembaga KB Ad- Dhuha di Kabupaten Jember. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan Purposive Sampling, sampelnya adalah 20 peserta didik KB Ad-Dhuha usia 3-4 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (cheklist) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan BCCT dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di KB Ad-Dhuha Kabupaten Jember. Hasil yang didapat dalam penelitian ini diperoleh rhitung sebesar 0,929 pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,929 > 0,450. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa BCCT telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di KB Ad-Dhuha Kabupaten Jember sebesar 86,30%. Sedangkan sisanya 13,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa indikator sentra balok memberikan sumbangsih sebesar 87,98% terhadap indikator membangun, 79,03% terhadap indikator menggambar, dan 75,51% terhadap indikator melipat. Sedangkan indikator sentra persiapan memberikan sumbangsih sebesar 68,55% terhadap indikator membangun, 57,15% terhadap indikator menggambar, dan 58,06% terhadap indikator melipat. Dan indikator sentra seni memberikan sumbangsih sebesar 69,22% terhadap indikator membangun, 61,77% terhadap indikator menggambar, dan 67,07% terhadap melipat. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara BCCT dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di KB Ad-Dhuha Kabupaten Jember, hubungan tersebut memiliki tingkat yang tinggi. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti bagi pengelola dan pendidik adalah lebih ditingkatkan lagi kualitas pembelajaran, dan lebih berinovasi dalam memberikan stimulus kepada anak untuk membantu seluruh aspek perkembangan anak usia dini terutama perkembangan motorik halus. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat meneliti lebih lanjut terkait dengan BCCT terhadap perkembangan seni anak usia dini yaitu seperti dapat menyanyikan lagu anakanak, dapat membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat/benda. Sebab perkembangan seni anak usia dini juga akan berpengaruh terhadap kehidupan selanjutnya. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82524 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nor Afifah - 130210201029_.pdf | 3.15 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools