Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82521
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | MARIJONO | - |
dc.contributor.advisor | IMSIYAH, Niswatul | - |
dc.contributor.author | SHIDIQ, M Zainul | - |
dc.date.accessioned | 2017-10-23T10:43:48Z | - |
dc.date.available | 2017-10-23T10:43:48Z | - |
dc.date.issued | 2017-10-23 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210201032 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82521 | - |
dc.description.abstract | Rumusan masalah penelitianini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran tatap muka terhadap kemampuan afektif warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Suaka Negeri Jember. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terhadap kemampuan sikap afektif warga belajar dalam menerima proses pembelajaran. Adapun manfaat teoritis dari penelitian ini adalah Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan tambahan ilmu pengetahuan khususnya pendidikan kesetaraanPaket C, terutama mengenai perkembangan afektif warga belajar pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka dalam program Paket C. adapun manfaat praktis dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan peningkatan pelaksanaan pembelajaran Paket C. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Area, yaitu di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Suaka Anak Negeri Jember. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dan teknik penentuan Informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Dengan Informan kunci yaitu Tutor dan Warga Belajar serta Informan pendukung yaitu pengelola pendidikan kesetaraan Paket C PKBM Suaka Anak Negeri Jember . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik keabsahan data yakni menggunakan perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran tatap muka mempunyai pengaruh terhadap kemampuan afektif warga belajar dalam menerim proses pembelajaran. Melalui pembelajaran tatap muka tutor dapat mengetahui kemampuan afektif dari warga belajar, karena dalam penyampaian materi terjadi banyak interaksi antara tutor dengan warga belajar. Dengan pembelajaran tatap muka yang interaktif, inspiratif, dan menyenangkan tutor dapat mengetahui kemampuan sikap dari setiap warga belajar dalam menerima, merespon, dan menghargai proses pembelajaran yang telah disampaikan. Tutor melihat bahwasanya tidak semua dari warga belajar mempunyai kemampuan afektif yang sama, ini disebabkan diantaranya setiap warga belajar mempunyai mempunyai latar belakang yang berbeda, dan usia dari setiap warga belajar yang bervariatif dari usia 20 tahun sampai 40 tahun. Berdasarkan analisis data yang telah diolah maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran tatap muka pada pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Suaka Anak Negeri mempunyai pengaruh penting terhadap kemampuan afektif warga belajar. Melalui suasana dan proses pembelajaran tatap muka yang dirancang tutor secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan membuat warga belajar mempunyai kemampuan sikap afektif dalam menerima, merespon, dan menghargai proses pembelajaran yang telah disampaikan tutor. Tutor dapat mengetahui kemapuan afektif dari setiap warga belajar melalui kegiatan interaksi secara langsung pada saat pembelajaran. Adapun saran dari penelitian ini yaitu bagi Bagi tutor Pkbm Suaka Anak Negeri yaitu perlunya meningkatkan kemampuan kompetensi tutor dalam mengajar pendidikan kesetaraan Paket C. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210201032; | - |
dc.subject | PEMBELAJARAN TATAP MUKA | en_US |
dc.subject | TERHADAP KEMAMPUAN AFEKTIF WARGA BELAJAR PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | KESETARAAN PAKET C | en_US |
dc.subject | DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT SUAKA ANAK NEGERI JEMBER | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERHADAP KEMAMPUAN AFEKTIF WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT SUAKA ANAK NEGERI JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
M. Zainul Shidiq - 130210201032_.pdf | 3.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools