Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82518
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN ENERGI KALOR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP
Authors: WAHYNI, Sri
LESMONO, Albertus Djoko
PRASETYA, Iwan
Keywords: BAHAN AJAR IPA BERBASIS
DISCOVERY LEARNING
POKOK BAHASAN ENERGI KALOR
UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP
Issue Date: 23-Oct-2017
Series/Report no.: 130210102006;
Abstract: Suatu pembelajaran tidak akan terlepas dari sumber belajar. Sumber belajar sangat berperan penting dalam pembelajaran karena sumber belajar itu sendiri memberikan pengalaman belajar kepada setiap individu. Salah satunya adalah pembelajaran Ilmu Pengetetahuan Alam (IPA) di SMP. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMP Negeri 2 Srono, menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan belum berorientasi kepada siswa untuk membangun kemampuan dan keterampilan berpikir. Salah satu keterampilan berpikir yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan adalah keterampilan berpikir kritis. Penggunaan bahan ajar yang belum mengoptimalkan keikutsertaan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu penyebab kurang memaksimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam upaya menyediakan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran IPA maka perlu adanya pengembangan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar berbasis discovery learning. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas bahan ajar berbasis discovery learning, efektifitas bahan ajar berbasis discovery learning, dan kepraktisan bahan ajar berbasis discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk memperoleh produk. Produk yang dimaksud berupa modul IPA berbasis discovery learning dengan subjek penelitiannya siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Srono dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu (Define, Design, Develop dan Dessiminate). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sumber data dari penelitian ini berupa hasil validasi bahan ajar, hasil pretest dan posttest, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan modul IPA berbasis discovery learning. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli menggunakan modul IPA berbasis discovery learning dikategorikan valid dengan nilai validasi sebesar 4,0 sehingga bahan ajar ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran setelah melalui proses revisi. Untuk data efektivitas yaitu data perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Perkembangaan kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil analisis dengan uji N-gain mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,7248 termasuk dalam kriteria tinggi. Sehingga bahan ajar IPA berbasis discovery learning sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya kepraktisan, kepraktisan dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Untuk lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran didapatkan keseluruhan aspek keterlaksanaan sebesar 82,95%. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul IPA berbasis discovery learning terlaksana dengan sangat baik dan dalam kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) Modul IPA berbasis discovery learning termasuk dalam kategori valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, 2) Efektifitas modul IPA berbasis discovery learning sangat baik karena dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, 3) Kepraktisan diukur dengan keterlaksanaan pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan sangat baik
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82518
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Iwan Prasetyo 130210102006_.pdf3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools