Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82515
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SUTARTO | - |
dc.contributor.advisor | SUPRIADI, Bambang | - |
dc.contributor.author | ARIZQI, Habib | - |
dc.date.accessioned | 2017-10-23T10:20:44Z | - |
dc.date.available | 2017-10-23T10:20:44Z | - |
dc.date.issued | 2017-10-23 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210102118 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82515 | - |
dc.description.abstract | Fisika adalah salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Oleh karena itu, siswa di dalam belajar fisika tidak hanya dikenalkan teori dan rumus-rumus, namun siswa juga diajarkan konsep yang harus dipahami secara mendalam dan mampu diaplikasikan guna menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang dapat dianalisis melalui foto kejadian fisika. Dengan demikian, siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran untuk dapat membangun pengetahuan dalam benak mereka sendiri. Hasil observasi awal dikelas XI IPA MAN 1 Jember pada bulan Agustus 2014, serta data nilai ulangan fisika siswa kelas XI IPA MAN 1 Jember menunjukkkan bahwa masih ada beberapa kelas yang belum tuntas pada mata pelajaran fisika , salah satunya adalah kelas XI IPA 4. Berdasarkan analisis data observasi awal dikelas XI IPA 4 diperoleh persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori rendah. Hal tersebut melingkupi tiga kegiatan yaitu aktivitas memperhatikan penjelasan guru sebesar 65,6 %, tanya jawab sebesar 6,25 % dan mengerjakan latihan soal sebesar 56,25 %. Aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan tidak ada satupun siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau 0 % yang dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil observasi tersebut, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Foto Kejadian Fisika untuk meningkatkan aktivitas danhasil belajar fisika siswa di kelas XI IPA MAN1 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Foto Kejadian Fisika pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember dengan jumlah siswa 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Penghitungan nilai N-gain digunakan untuk mengetahui besar peningkatan hasil belajar siswa. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Pada pra-siklus persentase aktivitas belajar siswa sebesar 33,43, %, kemudian pada siklus ke-1 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 53,53%, selanjutnya pada siklus ke-2 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 60,00%, dan pada siklus ke-3 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 64,52 %. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini ternyata berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat dari pra-siklus ke siklus ke-1 dengan N-gain sebesar 0. 155 pada kriteria rendah karena masih terdapat 20 siswa yang nilainya dibawah kriteria ketuntasan minimal. Selanjutnya pada siklus ke-2 terdapat peningkatan hasil belajar kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0.511 dengan 4 siswa yang nilainya dibawah kriteria minimal. Kemudian pada siklus ke-3 juga mengalami peningkatan hasil belajar kriteria sedang dengan N-gain 0,656 & seluruh siswa tuntas. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN 1 Jember menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Foto Kejadian Fisika mengalami peningkatan dibandingkan sebelum adanya tindakan | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210102118; | - |
dc.subject | AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF | en_US |
dc.subject | DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) | en_US |
dc.subject | BERBASIS FOTO KEJADIAN FISIKA | en_US |
dc.subject | SISWA KELAS XI IPA 4 MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS FOTO KEJADIAN FISIKA PADA SISWA KELAS XI IPA 4 MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Habib Arizqi - 100210102118_.pdf | 8.18 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools