Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82508
Title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN PLASTISIN KELOMPOK B2 DI TK ILMU AL QUR’AN KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: YULIANTI, Nanik
NURIMAN
SOFIYANTO, Bayu Ade
Keywords: KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK
PERMAINAN PLASTISIN KELOMPOK B2
TK ILMU AL QUR’AN
KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Issue Date: 23-Oct-2017
Series/Report no.: 130210205004;
Abstract: Dalam pendidikan anak usia dini terdapat salah satu perkembangan yang penting dan harus di maksimalkan, yakni perkembangan fisik (motorik). Pembelajaran dasar dalam koordinasi gerakan. Aspek pembelajaran motorik dalam pendidikan aspek yang berhubungan dengan tindakan yang ditampilkan siswa setelah menerima materi guru. Artinya, mereka bertindak sesuai dengan perasaan dan pengetahuan mereka. Berdasarkan hasil observasi pada kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember yang berjumlah 15 anak, diperoleh data kemampuan motorik halus yang bervariasi, untuk 8 anak sekitar 64,52% masih belum berkembang dengan baik, sedangkan 7 anak atau sekitar 35,48% kemampuan motorik halus sudah berkembang dengan baik. Penyebab yang mendasari yaitu kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga anak menjadi tidak fokus dan bosan dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan kegiatan permainan plastisin untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 melalui permainan plastisin di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; Penelitian ini dilakukan di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 15 anak, yang terbagi atas 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses penerapan metode kegiatan permainan plastisin untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 di TK Ilmu Al Qur’an tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru (peneliti) mendemonstrasikan permainan plastisin dan memberi contoh benda nyata yang ada di kelas, kemudian guru mendemonstrasikan cara bermain plastisin, anak bermain plastisin dan membuat bentuk sesuai instruksi guru. Namun masih ada beberapa anak yang belum bisa membentuk plastisin sesuai yang diinstruksikan oleh guru dan membentuk dengan benar karena penjelasan dari guru yang sulit dipahami anak, sehingga dilakukan siklus II dengan ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 di TK Ilmu Al Qur’an tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 49,54, siklus I 73,57, dan siklus II meningkat menjadi 90,31. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak bisa menggunakan metode permainan plastisin dalam pembelajaran peningkatan kemampuan motorik halus anak. Kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan metode permainan plastisin dalam pembelajaran peningkatan kemampuan motorik halus, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam penelitian sejenis.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82508
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAYU ADE SOFIYANTO 130210205004_.pdf2.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools