Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82328
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMUJI-
dc.contributor.advisorANDIANTO, Mujiman Rus-
dc.contributor.authorDHARMAWAN, Ivan Aditya-
dc.date.accessioned2017-10-19T07:41:16Z-
dc.date.available2017-10-19T07:41:16Z-
dc.date.issued2017-10-19-
dc.identifier.nimNIM130210402015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82328-
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif evaluatif. Data dalam penelitian ini berupa segmen-segmen tutur beserta konteksnya yang diindikasikan memuat tindak direktif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, simak catat, rekam, transkipsi data. Proses analisis data dalam penelitian ini terdiri atas: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak direktif guru bimbingan konseling dalam pembimbingan tata tertib di SMP Negeri 2 situbondo meliputi jenis: (1) requesitif, (2) quesitif, (3) requirement, (4) prohibitif, (5) permisif, dan (6) advisioris. Selanjutnya perlokusi yang ditimbulkan dari tindak direktif yang digunakan guru bimbingan konseling antara lain, menjawab, tidak menjawab, menjawab takut. Terkait dengan hasil penelitian ini, disarankan mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk membaca temuan dalam penelitian ini sebagai bahan diskusi dalam perkuliahan pragmatik khususnya mengenai jenis-jenis tindak direktif. Bagi guru bahasa Indonesia hasil penelitian ini disarankan untuk dijadikan sebagai referensi pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VIII semester 1, yaitu dengan standar kompetensi mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan dan kompetensi dasar berwawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan ertika berbicara. Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmu, disarankan untuk mengadakan penelitian yang sejenis yaitu tentang tindak tutur dengan mengembangkan aspek-aspek lain yang tidak terjangkau oleh peneliti, misalnya modus, maksim kesopanan, dan fungsi tindak tutur.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210402015;-
dc.subjectTINDAK DIREKTIF GURUen_US
dc.subjectPEMBIMBINGAN TATA TERTIBen_US
dc.titleTINDAK DIREKTIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBIMBINGAN TATA TERTIB DI SMP NEGERI 2 SITUBONDOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ivan Aditya Dharmawan - 130210402015_.pdf1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools