Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82286
Title: PROSEDUR PELAYANAN PENJUALAN TIKET PESAWAT DI PT. NUANSA WISATA PRIMA NUSANTARA JEMBER
Authors: SUHARTONO
ASTUTY, Erlin Puji
Keywords: PELAYANAN PENJUALAN TIKET PESAWAT
PT. NUANSA WISATA PRIMA NUSANTARA JEMBER
Issue Date: 19-Oct-2017
Series/Report no.: 140903102042;
Abstract: Sektor pariwisata saat ini telah menjadi industri yang sangat diandalkan oleh Negara Indonesia. Perjalanan yang dilakukan oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara meningkat setiap tahunnya. Transportasi udara menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh calon penumpang dengan berbagai macam penerbangan yang ada di Indonesia. Hal ini menunjukkan peran Biro Perjalanan Wisata (BPW) sebagai salah satu agen dari maskapai penerbangan tersebut semakin besar untuk memberikan pelayanan terbaik nya bagi para calon konsumen yang akan melakukan perjalanan. PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember merupakan sebuah perusahan jasa khususnya dibidang Tour Operator atau Tour Organizer yang selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik. Perusahaan ini memiliki beberapa program layanan diantaranya produk tour dan travel, penjualan tiket pesawat, pemesanan hotel, pengurusan dokumen perjalanan paspor dan visa, umroh, produk mice, training dan outbound. Tujuan pelaksanaan Praktik Kerja Nyata di PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember yang dilakukan pada tanggal 9 Januari 2017 sampai 9 Mei 2017 adalah untuk mengetahui dan menjelaskan prosedur pelayanan penjualan tiket pesawat pada PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember. Prosedur Pelayanan penjualan tiket pesawat dibagi beberapa tahap yaitu calon penumpang datang langsung kemudian memberi informasi mengenai jadwal dan rute penerbangan yang akan dituju kemudian staf tikeing melakukan reservasi, issued ticket, invoice sebagai tanda bukti, pembayaran oleh calon penumpang lalu mencetak tiket dan yang terakhir adalah pembukuan. Prosedur pembatalan tahapanya calon penunpang datang langsung atau bisa melalui telepon untuk memberikan informasi mengenai pembatalan tiket kemudian staf tiketing melakukan pembatalan melalui situs online keagenan setelah proses pembatalan berhasil lalu tahap terakhir yaitu memberi keterangan pembatalan dipembukuan, kemudian prosedur pengembalian uang tahapannya adalah calon penumpang datang langsung untuk memberi informasi mengenai pembatalan dan permintaan pengembalian uang lalu staf tiketing melakukan pembatalan dan proses pengembalian uang melalui online system keagenan ,setelah berhasil staf tiketing memberikankuitansi sebagai bukti pengembalian uang dan selanjutnya mencatat di pembukuan. Prosedur penjadwalan ulang langkah-langkahnya yaitu calon penumpang datang memberikan informasi mengenai pengubahan jadwal penerbangan kemudain staf tiketing mengubah jadwal sesuai keputusan calon penumpang lalu issued ticket, invoice, pembayaran, cetak tiket dan terakhir pembukuan. Cara PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara mengatasi masalah yang sering ditimbulkan adalah dengan mencari inti permasalahan dan mencari solusi yang tepat dalam penyelesaiannya. Prosedur pelayanan penjualan tiket pesawat di PT. Nuansa Wisata Prima Nusantar secara online system digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayani calon penumpang yang akan berdampak pada kepuasan konsumen dan citra perusahaan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82286
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ERLIN PUJI ASTUTY - 140903102042_.pdf4.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.