Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82238
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLESMONO, Albertus Djoko-
dc.contributor.advisorBACHTIAR, Rayendra Wahyu-
dc.contributor.authorNISA, Firdha Choirun-
dc.date.accessioned2017-10-19T01:56:57Z-
dc.date.available2017-10-19T01:56:57Z-
dc.date.issued2017-10-19-
dc.identifier.nimNIM130210102108-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82238-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika di SMA ; dan (2) Mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pemilihan tempat ditentukan menggunakan purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Jember. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling yang sebelumnya dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu. Desain penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 24. Data untuk rumusan masalah pertama didapatkan melalui post-test pada akhir pembelajaran. Sedangkan data untuk rumusan masalah kedua didapatkan melalui observasi oleh observer. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh hasil bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak, yang berarti bahwa model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol). Sedangkan hasil uji Independent Sample T-Test terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh hasil bahwa (H0) ditolak, yang berarti model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa (aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan Simulasi Virtual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; dan (2) Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan Simulasi Virtual berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102108;-
dc.subjectRELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT)en_US
dc.subjectSIMULASI VIRTUALen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) DENGAN SIMULASI VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN KELAS X SMAN 2 JEMBER)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Firdha Choirun Nisa - 130210102108_.pdf1.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools