Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82226
Title: HUBUNGAN ANTARA PERMAINAN LEGO DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH JEMBER
Authors: HENDRAWIJAYA, H. A. T.
IMSIYAH, Niswatul
MAULIDA, Dinda Agustin
Keywords: PERMAINAN LEGO
ANAK USIA DINI
Issue Date: 19-Oct-2017
Series/Report no.: 130210201009;
Abstract: Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai penelitian adalah Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember dengan berdasarkan teknik purposive area. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik populasi, sehingga subjek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil pengamatan tersebut, dibuktikan melalui pengisian lembar observasi kepada 20 peserta didik, setiap lembar observasi terdiri dari 20 item pernyataan. Selanjutnya dilakukan analisis data lebih lanjut dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang diolah dengan SPSS (Statistical Package for the Social Science) 24. Adapun hasil perhitungan menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,932. Jika dikonsultasikan dengan harga rtabel sebesar 0,450 pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,932 > 0,450. Jika hasil perhitungan hubungan antara keduanya dipresentasekan, menunjukkan bahwa permainan lego telah memberikan konstribusi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember sebesar 86,86%. Sedangkan sisanya adalah 13,14% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa indikator kreativitas memberikan sumbangsih sebesar 56,40% terhadap mengenal warna, 30,91% terhadap memahami konsep besar/kecil, dan 49,70% terhadap mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, sedangkan mengembangkan imajinasi memberikan sumbangsih 79,92% terhadap mengenal warna, 36,96% terhadap memahami konsep besar/kecil, dan 34,69% terhadap mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk. Berdasarkan hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara permainan lego dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember, dengan memiliki hubungan tingkat yang tinggi. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada pengelola lembaga dan pendidik diharapkan agar lebih mengembangkan media pembelajaran dan lebih inovatif dalam memilih alat permainan yang menyenangkan bagi anak. Bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan agar dapat meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan permainan lego dan perkembangan anak usia dini yaitu seperti dapat melipat kertas, menggambar benda yang dikenal, membuat garis mendatar, lurus serta lingkaran, dapat menggunting kertas dan dapat membangun menara dari balok. Sebab permainan lego juga akan mempengaruhi tumbuh kembang anak pada perkembangan lainnya
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82226
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dinda Agustin Maulida - 130210201009_.pdf4.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools