Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82220
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUDARTI-
dc.contributor.advisorMARYANI-
dc.contributor.authorROSIDAH, Cholifatur-
dc.date.accessioned2017-10-18T07:31:13Z-
dc.date.available2017-10-18T07:31:13Z-
dc.date.issued2017-10-18-
dc.identifier.nimNIM130210102076-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82220-
dc.description.abstractBerdasarkan hasil analisis pemahaman konsep siswa diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 87 dan kelas kontrol sebesar 61. Berdasarkan hasil uji mann-whitney diketahui hasil uji t signifikan secara statistik yaitu nilai Sig. (2 tailed) ( ) sehingga diterima dan ditolak maka model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Panji Situbondo. Selanjutnya hasil analisis data rata-rata nilai aktivitas belajar siswa menggunakan uji Independent Sample T-test. Pada tabel 4.7 tampak bahwa nilai dengan sig.0,187 > 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan varians pada data nilai rata-rata aktivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol (data homogen). Dengan demikian analisis independent sample t-test menggunakan asumsi equal variances assumed di dapatkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,001. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2 tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1 tailed) sebesar 0,001. Nilai signifikansi maka diterima dan ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu masalah berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa di SMA; (2) model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu masalah berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102076;-
dc.subjectMODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL)en_US
dc.subjectMEDIA KARTU MASALAHen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MEDIA KARTU MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cholifatul Rosida - 130210102076_.pdf3.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools