Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82213
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN SERTA EFEKTIVITASNYA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Kelas VII MTs di Daerah Perkebunan Kopi)
Authors: SURATNO
MURDIYAH, Siti
HERVIANTO, Candra Pratama
Keywords: INTERAKSI MAKHLUK HIDUP
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Issue Date: 18-Oct-2017
Series/Report no.: 130210103031;
Abstract: Data yang didapatkan pada penelitian ini terdiri atas data hasil validasi buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS), data penilaian aktivitas siswa, dan data hasil belajar kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan dari validasi buku siswa berbasis kontekstual oleh validator ahli sebesar 84,6% dengan kategori baik. Hasil rata-rata keseluruhan dari validasi lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual oleh validator ahli sebesar 88,3% dengan kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual termasuk dalam kategori baik dan siap untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian aktivitas siswa dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dimana rata-rata aktivitas siswa pada uji coba pertama sebesar 77,4%, pada uji coba kedua sebesar 80,7%, dan pada uji coba ketiga sebesar 82,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa. Ratarata nilai pre test siswa sebesar 31,5 sedangkan rata-rata nilai post test siswa sebesar 75,1 dengan selisih dari nilai keduanya adalah 43,6. Efektivitas bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji Gain Score dengan nilai dominan terdapat pada kriteria gain sedang (0,63%) yang artinya pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual efektif diterapkan di kelas VII A MTs Negeri 1 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82213
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Candra Pratama Hervianto - 130210103031_.pdf2.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools