Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82211
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP
Authors: SURATNO
WAHYUNI, Dwi
ANGGRAENI, Ayuni Dwi
Keywords: KOMIK DIGITAL BIOLOGI
PENCEMARAN LINGKUNGAN
Issue Date: 18-Oct-2017
Series/Report no.: 130210103024;
Abstract: Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil pegembangan produk, data hasil validasi Komik Digital dan hasil uji kelompok kecil (Small Group Test) serta tanggapan responden (siswa). Hasil pengembangan produk komik digital ini berupa gambar cartoon yang tersusun berurutan dan bermakna disertai teks melalui aplikasi komputer (scanner, aplikasi paint tool sai dan photoshop) dalam bentuk ecomic atau elekronik komik. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil analisis tingkat validitas Komik Digital yang telah divalidasi oleh validator menunjukkan bahwa validasi materi yang didalamnya mencakup komponen kesesuaian materi, keakuratan materi, kemutakhiran dan mendorong keingintahuan didapatkan rata-rata hasil validasi adalah 78,12% dengan kategori cukup baik. Validasi media yang didalamnya mencakup komponen rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual, dan fungsi keseluruhan media pembelajaran didapatkan rata-rata hasil validasi adalah 90,0% dengan kategori sangat baik. Validasi pengguna (guru) yang didalamnya mencakup komponen isi materi, penyajian, dan fungsi keseluruhan media pembelajaran dalam pembelajaran didapatkan rata-rata hasil validasi adalah 86,66% dengan kategori baik. Dari hasil validasi dapat dilihat bahwa dari validator ahli materi, ahli media, dan pengguna mendapatkan hasil bahwa Media Pemelajaran Komik Digital siap dimanfaatkan di lapangan untuk kegiatan pembelajaran. Hasil uji kelompok kecil (Small Group Test) menunjukkan bahwa pada aspek keterbacaan media pembelajaran komik digital diperoleh rata-rata nilai 77,32% dengan kategori baik, aspek keterbacaan kegiatan siswa diperoleh rata-rata nilai 75,55% dengan kategori baik, dan aspek komponen evaluasi akhir materi diperoleh rata-rata nilai 75,55% dengan kategori baik. Sedangkan hasil tanggapan responden (siswa) menunjukkan bahwa aspek pendapat siswa terhadap materi pembelajaran, media pembelajaran komik digital diperoleh rata-rata nilai 75,55% dengan kategori baik, aspek media pembelajaran komik digital yang meliputi bahasa yang digunakan serta materi yang disajikan diperoleh rata-rata nilai 84,44% dengan kategori baik, aspek media pembelajaran yang meliputi penulisan, gambar, dan letak gambar diperoleh rata-rata nilai 81,47% dengan kategori baik, aspek manfaat Komik Digital dalam menarik motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata nilai 71,11% dengan kategori cukup baik, dan aspek keberlanjutan kegiatan pembelajaran menggunakan Komik Digital diperoleh rata-rata nilai 100% dengan kategori sangat baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82211
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ayuni Dwi Anggraeni - 130210103024_.pdf13.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools