Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82189
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | INDRAWATI | - |
dc.contributor.advisor | WAHYU B., Rayendra | - |
dc.contributor.author | SAFITRI, Ainul | - |
dc.date.accessioned | 2017-10-18T04:24:59Z | - |
dc.date.available | 2017-10-18T04:24:59Z | - |
dc.date.issued | 2017-10-18 | - |
dc.identifier.nim | NIM130210102090 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82189 | - |
dc.description.abstract | Hasil analisis rekapitulasi data persentase aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata aktivitas belajar secara keseluruhan sebesar 82,9% yang tergolong kriteria sangat aktif. Hal ini sesuai dengan penelitian Sutrisna (2015), bahwa model guided inquiry meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata dalam kategori aktif dan Kartono (2011), menyatakan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa dengan menerapkan teknik learning journals termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil analisis data sikap ilmiah diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,031. Karena p (signifikansi) 0,05 atau Sig. (1-tailed) = 0,0155 ≤ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa di kelas X SMA (Ha diterima, H0 ditolak). Hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,039. Nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0195 ≤ 0,05. Jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA (Ha diterima, H0 ditolak). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat diperoleh kesimpulan antara lain: 1) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals di kelas X SMA termasuk dalam kriteria sangat aktif, 2) pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa di kelas X SMA, 3) pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210102090; | - |
dc.subject | FISIKA | en_US |
dc.subject | MODEL GUIDED INQUIRY | en_US |
dc.title | PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY DISERTAI TEKNIK LEARNING JOURNALS DI KELAS X SMA | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ainul Safitri - 130210102090_.pdf | 9.41 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools