Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82168
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMARJANTO
dc.contributor.authorTRISUSANTI, Apri
dc.date.accessioned2017-10-18T02:36:34Z
dc.date.available2017-10-18T02:36:34Z
dc.date.issued2017-10-18
dc.identifier.nim990803102126
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82168
dc.description.abstractHasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jeinber mengenai Pelaksanaan Administrasi Keuangan untuk Barang Konsinyasi dapat disimpulkan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap penerimaan, tahap penjualan dan tahap pembayaran. Transaksi penerimaan barang konsinyasi di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember merupakan transaksi pembelian kredit dan akan dibayar pada saat jatuh tempo. Pelaksanaan administrasi keuangan dimulai pada saat terjadi pengiriman barang konsinyasi dari pengamanat ke KPRI Universitas Jember, kemudian dibuatkan nota pembelian barang. Pelaksanaan administrasi keuangan unit usaha pertokoan untuk penjualan barang konsinyasi dibedakan atas penjualan tunai dan penjualan kredit. Saat terjadi transaksi penjualan tunai dibuatkan nota penjualan tunai, setelah itu dimasukkan ke laporan penjualan harian dan berita acara serah terima yang harus disetorkan kasir toko ke kasir pusat. Dan oleh kasir pusat dimasukkan ke bukti penerimaan. Selanjutnya dibukukan pada buku penjualan, hal ini dilakukan setiap hari. Sedangkan untuk penjualan kredit, pelaksanaan administrasi keuangan dimulai pada saat terjadi penjualan kredit dan basil rekapitulasi penjualan dari nota penjualan kredit diserahkan ke kasir pusat untuk diproses lebih lanjut. Pelaksanaan administrasi keuangan untuk pembayaran barang konsinyasi terjadi saat jatuh tempo. Pembayaran barang konsinyasi didasarkan atas volume hasil penjualan setelah dikurangi komisi, sedangkan untuk barang konsinyasi yang tidak terjual akan dikembalikan atau diretur. Transaksi pembayaran barang konsinyasi ini oleh kasir pusat dicatat dan dibuatkan bukti pengeluaran yang diterbitkan oleh KPRI Universitas Jember. Bukti tersebut harus di lampiri dengan dokumen atau bukti pendukung lainnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries990803102126;
dc.subjectADMINISTRASI KEUANGANen_US
dc.subjectBARANG KONSINYASI PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIAen_US
dc.subjectKPRI UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.titlePelaksanaan Administrasi Keuangan atas Barang Konsinyasi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Jemberen_US
dc.typeDiploma Reporten_US
dc.identifier.validatorTaufik Tgl 26 September 2023
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Economics

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Apri Trisusanti 990803102126_.pdf14.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.