Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/82036
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNanik Yuliati-
dc.contributor.advisorMisno A. Lathief-
dc.contributor.authorIDAYATI, NUR-
dc.date.accessioned2017-10-10T03:32:31Z-
dc.date.available2017-10-10T03:32:31Z-
dc.date.issued2017-10-10-
dc.identifier.nim130210205060-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82036-
dc.description.abstractKeterampilan motorik halus yaitu gerakan terbatas dari bagian-bagian yang meliputi otot kecil, terutama gerakan di bagian otot-otot tangan. Kegiatan yang berhubungan dengan motorik halus memerlukan koordinasi antara gerakan mata dan tangan seperti melipat. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa dari 20 anak, sebanyak 16 anak yang memiliki kemampuan motorik halus yang kurang optimal. Guru menggunakan metode demonstrasi dalam melakukan kegiatan melipat, namun guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi sehingga banyak anak yang kurang mampu mengikuti kegiatan melipat tersebut. Guru tidak melakukan bimbingan kepada anak secara individual hanya terpaku pada satu titik saja dan sering menggunakan kertas lipat yang biasa tanpa ada garis yang dapat mempermudah anak dalam melakukan kegiatan melipat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi membuat bentuk binatang melalui media kertas lipat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 melalui metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 melalui metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B3 berjumlah 20 anak, terdiri atas 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif Penerapan metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus1 dan siklus 2. Siklus 1 dilakukan dengan cara guru memberikan kesempatan kepada anak 2. Siklus 1 dilakukan dengan cara guru memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kertas lipat yang diinginkan. Kemudian guru (peneliti) mendemonstrasikan cara melipat bentuk binatang kepada anak dan anak-anak mengikutinya bersama guru. Setelah guru mendemonstrasikan cara melipat bentuk binatang kepada anak, guru menyuruh anak untuk melipat bentuk binatang tanpa contoh dari guru untuk mengetahui hasil dari lipatan anak yang telah didemonstrasikan oleh guru. Pelaksanaan pada siklus 2 hampir sama dengan siklus 1 akan tetapi ditambahkan perbaikan dari rencana yang ada pada siklus 1. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 TK Darus Sholah tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 61%, siklus 1 68,75%, dan siklus 2 meningkat menjadi 86,3%. Saran bagi guru hendaknya guru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dengan menggunakan kegiatan melipat dan menggunakan metode demonstrasi, kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan metode demonstrasi dalam melakukan kegiatan melipat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMotorik Halusen_US
dc.subjectAnaken_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.subjectBentuk Binatangen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B3 MELALUI METODE DEMONSTRASI MEMBUAT BENTUK BINATANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT DI TK DARUS SHOLAH KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUR IDAYATI_1.pdf1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools