Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81981
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nanik Yuliati | - |
dc.contributor.advisor | Misno A. Latif | - |
dc.contributor.author | Farida, Nuning | - |
dc.date.accessioned | 2017-10-06T02:26:05Z | - |
dc.date.available | 2017-10-06T02:26:05Z | - |
dc.date.issued | 2017-10-06 | - |
dc.identifier.nim | 130210205002 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81981 | - |
dc.description.abstract | Kemampuan sosial anak merupakan suatu keampuan anak untuk bertingkah laku sesuai dengan norma dan nilai yang ada di lingkungan sekitarnya. Kemampuan emosional merupakan berbagai macam bentuk perasaan seseorang sesuai dengan keadaan yang sedang dialami oleh orang tersebut. Kemampuan sosial dan emosional pada anak sangat diperlukan karena anak hidup dan berkembang ditengah masyarakat. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa dari 27 anak hanya 7 anak kemampuan sosial dan emosionalnya sudah baik dan 20 anak belum baik. Penyebab yang mendasari kemampuan sosial dan emosional anak belum baik yaitu metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga anak menjadi bosan. Guru perlu menggunkan metode yang bervariasi dalam pembelajaran salah satunya adalah metode bermain peran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode bermain peran dalam peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 di TK Ilmu Al- Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017?; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan sosial anak kelompok A2 melalui metode bermain peran di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017; (3) bagaimanakah peningkatan kemampuan emosional anak kelompok A2 melalui metode bermain peran di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan metode bermain peran dalam peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok A2 melalui metode bermain peran di TK Ilmu Al-Qur’an tahun pelajaran 2016/2017; (3) meningkatkan kemampuan emosional anak kelompok A2 melalui metode brmain peran di TK Ilmu Al-Qur’an tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 yang berjumlah 27 anak, yang terbagi atas 10 anak perempuan dan 17 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Arikunto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Proses penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 di TK Ilmu Al-Qur’an tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru (peneliti) menjelakan bahan dan alat yang akan digunakan dalam bermain peran, kemudian guru membacakan dialog yang akan diucapkan oleh masing-masing peran dan anak menirukan, kemudian guru memberi contoh terlebih dahulu sebelum anak-anak memerankan perannya. Pelaksanaan siklus II hampir sama dengan siklus I akan tetapi ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas sosial pada pra siklus 57,78 siklus I 67,58 dan siklus II 81,79 sedagkan rata-rata kelas emosional yaitu pra siklu 57,03 siklus I 68,82 dan siklus II 81,17. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru hendaknya menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak, kepala sekolah hendaknya menyarankan pada guru untuk menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai acuan dalam penelitian | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Kemampuan Sosial | en_US |
dc.subject | Emosional Anak | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK ILMU AL-QUR’AN KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nuning Farida_1.pdf | 3.92 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools