Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81918
Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSU. KALIWATES PT. ROLAS NUSANTARA MEDIKA JEMBER (THE INFLUENCE OF THE QUALITY OF SERVICE FOR SATISFACTION INPATIENTS CLASS III IN PUBLIC HOSPITALS KALIWATES PT. ROLAS NUSANTARA MEDIKA JEMBER)
Authors: Yulisetiarini, Diah
Sumani
PRAHARDINI, QORIAH
Keywords: rsu kaliwates
kualitas pelayanan
kepuasan pasien.
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ_PRESS
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Mahasiswa;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Untuk mengetahui pengaruh signifikan bukti fisik terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III (2) Untuk mengetahui pengaruh signifikan keandalan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan daya tanggap terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III (4) Untuk mengetahui pengaruh signifikan jaminan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III (5) Untuk mengetahui pengaruh signifikan empati terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data Primer diperoleh dari penyebaran kuisioner secara langsung. Pendekatan riset yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap kelas III di RSU. Kaliwates PT. Rolas Nusantara Medika Jember. Penelitian ini menggunakan sampel dengan metode purposive sampling dengan dalam hal ini kriteria pengambilan sampel dalam penelitian adalah pasien rawat inap mininal sudah 3 hari dirawat dan pasien yang sudah mendapatkan ijin pulang dari dokter, sehingga jumlah sampel responden yang digunakan berdasarkan kriteria penelitian adalah 95 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil uji menunjukkan bahwa variabel bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel keandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81918
Appears in Collections:SRA-Economic and Business Article

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
QORIAH PRAHARDINI.pdf282.99 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.