Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81830
Title: PROSEDUR PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBELIAN KREDIT SEKTOR PERTANIAN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) UNIT SUKOWONO CABANG JEMBER
Authors: Utami, Elok Sri
Sauri, M. Sofian
Keywords: ADMINISTRASI PEMBELIAN KREDIT
SEKTOR PERTANIAN
PT BANK RAKYAT INDONESIA UNIT SUKOWONO
CABANG JEMBER
Issue Date: 25-Sep-2017
Abstract: 1. Dalam mengajukan permohonan kredit setiap nasabah harus memenuhi prosedur yang telah ditetapkan, antara lain sebagai berikut : a. Setiap calon nasabah mengajukan permohonan kredit pada BRI Unit yang masuk dalam wilayah kerja Bank tersebut baik secara perseorangan ataupun kolektif b. Deskman memeriksa kelengkapan persyaratan-persyaratan yang meliputi berkas dari bank yang bersangkutan maupun berkas yang harus dipenuhi oleh calon nasabah dan selanjutnya diperiksa Kaunit kemudian dilanjutkan oleh Mantri untuk mencari data sebagai bahan analisa. c. Jika Kaunit telah memberikan otoritas (persetujuan) maka dilakukan fiat bayar atas realisasi kredit. Sebelum kebagian pembayaran (Teller) terlebih dahulu memberikan pembahasan kredit yang dibuat Deskman kepada calon nasabah. Kemudian berdasarkan data yang ada bagian Teller melakukan pembayaran atas realisasi kredit kepada nasabah berdasarkan kwitansi yang telah ada. d. Untuk semua nasabah KUPEDES BRI Unit akan memperoleh fasilitas asuransi jiwa. Asuransi dapat terealisasi apabila nasabah tersebut meninggal dunia dan semua masalah yang berhubungan dengan kredit tersebut akan ditutupi / ditanggung melalui asuransi jiwa tersebut. 2. Setalah nasabah mendapat realisasi permohonan KUPEDES, maka selanjutnya pihak Bank akan membuatkan pencatatan adminitrasi kredit untuk pembayaran angsuran tiap bulan. Apabila dalam pembayaran angsuran dilunasi maju maka nasabah akan mendapatkan nilai realisasi (pengembalian) dan mendapatkan IPTW (periode yang masuk dalam pembayaran lunas maju) Semua data dalam pengelolaan di P.T Bank Rakyat Indonesia (Persero) dengan menggunakan sistem komputerisasi. Mulai pada waktu realisasi KUPEDES sebagai pencatatan angsuran setiap bulan bagi nasabah BRI Unit, hingga saat pelunasan kredit oleh nasabah bagi pihak bank setiap bulannya hingga saat pelunasan kredit oleh nasabah bagi pihak bank setiap bulannya membuat laporan KUPEDES untuk bahan laporan yang diserahkan kepada kantor cabang. Laporan KUPEDES berisikan tentang jenis KUPEDES atas penggunaannya dan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Daftar nasabah yang masuk dalam laporan KUPEDES bisa meningkatkan kualitas kredit.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81830
Appears in Collections:DP-Financial Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. Sofian Sauri 990803102039-1.pdf18.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.