Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81742
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSIRAJUDDIN-
dc.contributor.authorSAMPE, Fince Bungawaru-
dc.date.accessioned2017-09-18T06:33:01Z-
dc.date.available2017-09-18T06:33:01Z-
dc.date.issued2017-09-18-
dc.identifier.nimNIM980903102152-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81742-
dc.description.abstractIndonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak obyek pariwisata. Obyek pariwisata ini merupakan devisa negara yang harus lebih. dikernbangkan keberadaannya. Hal ini sangatlah rasional karena Indonesia kaya akan bermacam-macam adat-istiadat, budaya, suku, peningggalan-peninggalan bersejarah serta keindahan alam yang sangat potensial sebagai daerah tujuan wisata. Sihite (2000). Memasuki era milenium ketiga ini dengan perkembangan komunikasi yang semakin canggih , Indonesia haws tertantang dan mampu mempromosikan hal-hal yang berkaitan dengan bidang pariwisata ke dunia internasional. Dengan informasi semacam itti diharapkan akan mampu menarik para wisatawan berkunjung ke Indonesia. Agar wisatawan yang berkunjung ke Indonesia merasa betah maka sarana dan prasarana yang terlihat dalam industri pariwisata adalah sarana akomodasi (tempat tinggal) atau istilah yang paling umum yaitu hotel. Perhotelan adalah industri yang sangat penting dalam dunia pariwisata. Pengelolaan hotel yang profesional akan menimbulkan kesan positif bagi wisatawan. Wisatawan akan terkesan dan ingin tinggal lebih lama apabila pelayanan yang diberikan dilakukan secara profesional terutama pada department-department yang langsung berhubungan dengan tamu. Salah satu department atati bagian yang berhubungan dengan tamu adalah Foods and Beverages Service yang pelayanannya berpusat pada restoran.Tunggal (1999). Restoran merupakan rasa yang utama, juga dari segi pendapatan di suatu hotel. Hotel akan rnendapatkan keuntungan yang banyak apabila pelayanan di restoran tersebut dilakukan secara optimal dan maksimal sesuai dengan SOP (standart operation procedure) industri perhotelan khususnya Foods And Beverages Department. Penentu citra suatu restoran adalah seorang waiter/waitress (pramusaji) yang harus memberikan pelayanan dengan sopan serta ramah. Apabila hal itu dapat diwujudkan maka sistem pelayanan lust:hut akan mcmberikan dan mencerminkan image (citra) yang balk pula pada suatu hotel terutama pada bagian Foods and l3everages Service. Pada bagian Foods and Beverages, peranan seorang pramusaji sangat penting dalam mclayani tamu karena dari persiapan sampai penyajian hidangan dilakukan langsung olch scorang pramusaji. Sihitc (2000). Oleh karena itu, sikap yang haik dan hati-hati dalam melayani tamu sangatlah diperlukan. Selain 1W seorang pramusaji hares bisa memahami karakter atau sifat yang berbeda-beda dari setiap pcngunjung atau tamu yang berkunjung untuk menahindari adanya keluhan (complaint) dari Para tamu. Dapat dikatakan pula hahwa dalam mclayani tamu dapat dianggab tamu itu kcluarga atau diri kita sendiri. Apabila hal itu dilakukan maka kita siap menjadi scorang pramusaji yang siap dalam memberikan pclayanan dengan seprolesional.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries980903102152;-
dc.subjectPENINGKATAN PELAYANANen_US
dc.subjectFOODS AND BEVERAGESen_US
dc.subjectDEPARTMENT DI HOTEL BANDUNG PERMAI JEMBERen_US
dc.titleUSAHA-USAHA PENINGKATAN PELAYANAN PADA FOODS AND BEVERAGES DEPARTMENT DI HOTEL BANDUNG PERMAI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fince Bungawaru Sampe 980903102152_.pdf7.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.