Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81513
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nanik Yuliati | - |
dc.contributor.advisor | Misno A. Lathief | - |
dc.contributor.author | Rosfalia, Nihna Athoa | - |
dc.date.accessioned | 2017-08-28T02:19:50Z | - |
dc.date.available | 2017-08-28T02:19:50Z | - |
dc.date.issued | 2017-08-28 | - |
dc.identifier.nim | 130210205033 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81513 | - |
dc.description.abstract | Kemampuan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi antara mata dan tangan. Berdasarkan hasil belajar prasiklus anak kelompok B di TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dari 32 anak, 9 anak sudah mencapai indikator keberhasilan, dan 23 anak lainnya belum mencapai indikator keberhasilan. Hal tersebut disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik perhatian anak, sehingga anak kurang memperhatikan yang disampaikan guru. Ketika guru memberikan tugas kepada anak, masih ada anak yang tidak mau mengerjakan tugasnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya penggunaan metode yang menarik perhatian anak untuk mengoptimalkan kemampuan motorik halus anak, salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode demonstrasi melipat kertas origami. Metode demonstrasi melipat kertas origami untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak karena melipat kertas origami tidak hanya melatih kemampuan motorik halus anak tetapi anak juga dapat melatih kreativitasnya untuk membuat mainannya sendiri. Diharapkan dari hasil kreativitas anak, kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember meningkat sesuai dengan harapan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi melipat kertas origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Asy-Syafa’ah Jember tahun pelajaran 2016/2017; 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui penggunaan metode demonstrasi melipat kertas origami di TK Asy-Syafa’ah Jember tahun pelajaran 2016/2017. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pembelajaran melipat kertas origami dan meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Hopkins, yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Penerapan metode demonstrasi melipat kertas origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I, kegiatan melipat kertas origami dengan pembukaan, tanya jawab tentang tema hari ini, guru menjelaskan tentang materi pembelajaran hari ini, guru mendemonstrasikan tahap-tahap melipat kertas bentuk pesawat terbang, guru memberikan tugas melipat kertas origami, siklus I belum berhasil karena media kertas lipat motif membuat anak kesulitan melihat garisnya dan guru belum bisa mengkondisikan anak. Hasil siklus I belum mencapai indikator keberhasilan secara maksimal, maka diterapkan siklus II. Kegiatan yang dilakukan pada siklus II dengan melakukan perbaikan yang terletak di saat guru mendemonstrasikan tahap-tahap melipat kertas dengan mendekati anak, tidak hanya diam ditempat, media kertas juga menggunakan kertas origami polos sehingga anak lebih mudah melihat garis lipatannya. Hasil penerapan metode demonstrasi melipat kertas origami tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Asy-Syafa’ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 berupa nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 60,94 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 78,91. Berdasarkan penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang diberikan kepada guru untuk menggunakan metode demonstrasi melipat kertas origami dalam memberikan variasi pembelajaran kemampuan motorik halus anak. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN MOTORIK HALUS | en_US |
dc.subject | KERTAS ORIGAMI | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE DEMONSTRASI MELIPAT KERTAS ORIGAMI DI TK ASY-SYAFA’AH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nihna Athoa Rosfalia - 130210205033_1.pdf | 4.61 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools