Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81457
Title: PELAKSANAAN SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN DI KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS JEMBER
Authors: lndraningrat, Ketut
PRANOLOSIWI, YEKTI
Keywords: SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN
KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS JEMBER
Issue Date: 24-Aug-2017
Abstract: Berdasarkan Praktek Kerja Nyata yang dilakukan sejak tanggal 31 Januari sampai dengan tanggal 17 Maret 2001 di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember pada bidang Sistem akuntansi Pembelian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pembelian yang dilakukan di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember sudah sesuai prosedur, masing-masing bagian sudah terpisah sesuai dengan tanggung-jawabnya. Sistem akuntansi pembelian melibatkan beberapa pelaksana diantaranya adalah bagian pembelian, bagian akuntansi pembelian, bagian gudang, serta bagian toko. 2) Kepala Divisi Pertokoan bertanggung-jawab pada pembelian di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember khususnya usaha pertokoan. Selain hal tersebut, divisi ini juga bertanggung jawab terhadap laporan laba-rugi tiap bulannya yang dilaporkan kepada pengurus. 3) Formulir yang terkait dalam sistem akuntansi pembelian adalah faktur penjualan dari supplier, surat pembelian, nota pembelian barang, contoh laporan laba rutin, dokumen pendukung, jurnal pembelian untuk barang milik koperasi dan barang titipan. 4) Bagian akuntansi pembelian bertanggung jawab mengumpulkan faktur penjualan beserta surat pembeliannya, menjumlahkan setiap kali order, mencari kode masing-masing barang, serta mencari laba ruginya tiap bulan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81457
Appears in Collections:DP-Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yekti Pranolosiwi 980803104332.pdf59.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.