Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81438
Title: PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 03 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Authors: Titik Sugiarti
Susanto
AZIZAH, NI’MATUL HADIAN
Keywords: HASIL BELAJAR
MATEMATIKA REALISTIK
BANGUN DATAR
Issue Date: 24-Aug-2017
Abstract: Mata pelajaran Matematika di sekolah dasar mengutamakan agar siswa mengenal, memahami, serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan praktek dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada saat pembelajaran matematika masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan yang diberikan guru. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini didasarkan pada data dokumen nilai ulangan harian siswa pada mata pelajaran matematika terdapat 15 siswa atau 41,67% yang belum mencapai KKM (≥ 65). Untuk mengatasi hal tersebut guru harus mengatasi permasalahan di atas yaitu memberikan pembelajaran yang lebih bermakna, menarik dan menyenangkan. Upaya untuk meningkatkan pembelajaran Matematika diantaranya dengan menggunakan Pendekatan matematika realistik adalah salah satu pendekatan belajar matematika yang dikembangkan untuk mendekatkan matematika kepada siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika dalam pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran Matematika dalam pokok bahasan sifat-sifat bangun datar dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa pada pembelajaran Matematika dalam pokok bahasan sifat-sifat bangun datar dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Tahun Pelajaran 2016/2017?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian dan pembahasan menerapkan pendekatan matematika realistik berjalan dengan baik dan lancar. Siklus 1 pada tahap memahami masalah nyata memiliki persentase keaktifan tertinggi dan tahap membuat kesimpulan memiliki persentase keaktifan terendah dan siklus 2 juga pada tahap memahami masalah nyata memiliki persentase keaktifan tertinggi dan tahap membuat kesimpulan memiliki persentase keaktifan terendah. Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun pelajaran 2016/2017 meningkat selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,79%, pada siklus I sebesar 73,14% (kategori aktif) meningkat menjadi 85,93% (kategori sangat aktif) pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 7,36, pada siklus I sebesar 77,50 meningkat menjadi 84,86 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember dalam pokok sifat-sifat bangun datar. Saran yang diberikan pada pihak sekolah berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika reaalistik dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika, karena dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dan bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan untuk penelitian lebih lanjut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81438
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NI’MATUL HADIAN AZIZAH_1.pdf7.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools